oleh

Warga Bentangkan Spanduk Penolakan Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Kencana Agro Sejahtera ( KAS )

-Rohul-921 kali dibaca

Rokan Hulu, lintas10.com- Rencana PT. Kencana Agro Sejahtera ( KAS ) untuk membangun Pabrik pengolaan minyak sawit mentah (CPO) di KM 24 Desa Persiapan Mahato Bandar Selamat Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu tidak mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya Spanduk Penolakan yang dipasang masyarakat desa Persiapan Mahato Bandar Selamat disejumlah titik Jalan kM 24, Jum’at (12/3/2021).

Masyarakat khawatir jika pabrik tetap dibangun akan berdampak pada pencemaran lingkungan, baik pencemaran air di sungai hingga Volusi udara yang membahayakan kesehatan apalagi keberadaan pabriknya sangat dekat dengan Fasilitas umum, seperti pendidikan dan rumah ibadah.

Salah seorang Tokoh Pemuda desa itu, Rian Purba menyebutkan kalau Masyarakat juga sudah pernah mendatangi Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rokan Hulu untuk meminta pemberhentian pembangunan, namun nampaknya pembangunan masih terus berjalan.

“Heran, sudah ada penolakan masyarakat kok masih dilanjutkan juga, Ada apa ini, apa ada Oknum yang bermain untuk kepentingan pribadi ?,” Ungkap Rian penuh tanya.

Selanjutnya ia mengatakan, mereka menolak dibangunnya pabrik tersebut karena terlalu dekat dengan pemukiman warga dan takut terkait dampak Negatifnya.

Rian Purba yang juga Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila Kab. Rokan Hulu (BP3 – Rohul) kepada awak Media Jum’at 12 Maret 2021 menyampaikan beberapa alasan masyarakat menolak keberadaan pabrik itu, salah satunya jarak pabrik yang berdekatan dengan Pondok Pesantren.

Penolakan dibuktikan dengan tanda tangan warga, didukung dengan pernyataan sikap Lembaga Ninik Mamak setempat. Bahkan lembaga pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/MAN,l dan juga Pesantren yang ada di sekitarnya.

Baca Juga:  Sempat Kejar-kejaran Bak Film Laga, 3 Bandit Berhasil di Bekuk Polsek Tambusai Utara
baner


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.