oleh

Penerima SMS Bantuan Presiden Belum Jaminan Mendapatkan Bantuan UMKM

-lintas Daerah-11.777 views

Padangsidimpuan, lintas10.com – Bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha mikro yang terdampak virus corona Covid-19.

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2020

Namun, masih ada masyarakat kota Padangsidimpuan yang belum mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan pemberitahuan mengenai bantuan tersebut.

Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) mulai mencairkan bantuan presiden (Banpres) produktif usaha mikro atau berupa bantuan langsung tunai (BLT) Rp2,4 Juta untuk pelaku usaha mikro atau UMKM secara bertahap.

Bagi penerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif akan menerima pesan singkat (SMS) dari perbankan. SMS yang akan dikirim kepada pelaku UMKM berisi pengumuman dia mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta.

Lantas apa langkah selanjutnya jika sudah mendapatkan SMS dari perbankan?
Apa yang harus dilakukan saat mendapatkan pemberitahuan soal bantuan UMKM ini?

Jika menerima pesan seperti itu, maka penerima bisa mendatangi Kantor BRI terdekat.  

Penerima Banpres Produktif untuk usaha Mikro akan diinformasikan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur baik yang sudah memiliki rekening ataupun bagi yang belum memiliki rekening.

Bidang operasional pelayaanan Bank BRI Cabang kota Padangsidimpuan Abdul Kadir dan Mora kepada lintas10.com mengatakan, jika sudah mendapatkan SMS dari bank BRI penerima bantuan BLT UMKM Rp.2,4 juta, belum tentu dipastikan bisa mendapatkan bantuan tersebut, melainkan harus melakukan verifikasi terlebih dahulu ke bank penyalur yang sudah ditentukan, salahsatunya Bank BRI. Jika proses verifikasi selesai, maka dana akan diberikan.

“Penerima bantuan bisa mendatangi kantor BRI terdekat dan wajib melengkapi dokumen-dokumen pelengkap sebagai dasar untuk pencairan,” kata Mora selakau bidang pelayanan nasabah saat ditemui diruang kerja, kamis (1/10/2020).

Untuk menghindari adanya SMS penipuan yang mengatasnamakan BRI, ia menekankan, proses pencairan bantuan tersebut gratis.Tak ada pungutan biaya apa pun.

Selain itu, mereka yang mendapatkan notifikasi hanya datang ke Bank BRI dan bukan ke tempat lain.

Adapun dokumen yang dipersyaratkan untuk pencairan, berikut yang harus dibawa:
1. Buku tabungan
2. Kartu ATM dan identitas diri
3. Dan bagi yang belum ada buku tabungan, sesuai dengan isi pesan SMS teresbut secara otomatis Bank BRI Pusat telah membuka buku rekening calon penerima bantuan.

Penerima BPUM juga harus melengkapi dokumen terdiri dari: Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Kuasa Penerima dana BPUM.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuan pemberitan bantuan ini untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak negatif pandemi virus corona.

BanPres diberikan kepada para pelaku UMKM yang terdaftar pada dinas koperasi dan memenuhi sejumlah kriteria.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon UMKM dalam memverifikasi data calon penerima agar mendapat bantuan modal.
Berikut data yang akan diverifikasi:
1. Pelaku usaha merupakan warga negara Indonesia (WNI)
2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (KTP)
3. Mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya
4. Bukan ASN, TNI/Polri, atau pegawai BUMN/BUMD.
5. Calon penerima bantuan akan di cek apakah ada melakukan pinjaman modal kepada lembaga keuangan yang terdaftar di OJK untuk usaha, jika ada pinjaman modal usaha secara otomatis dana tersebut akan diblokir oleh pusat.

Selain itu Abdul Kadir selaku Operasional pelayanan nasabah ia juga menegaskan bahhwasannya penerima SMS pemberitahuan belum menjamin si penerima akan mendapat bantuan tersebut, karena ada tahapan yang harus dilaui calon penerima dalam meverifikasi data.

Kemudian, data diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Keuangan dan OJK. (Mahmud Nasution)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

59 komentar

  1. Saya dapat sms, saya datang ke BRI tapi jawaban cs nya mengecewakan. Disuruh tunggu telpon dari BRI , kalau ada telpon berarti dapat kalau tidak abaikan sms itu.

  2. Saya dari Bantul terima sms dari Banpres (BPUM) Tp setelah saya ke bank BRI terdekat, ternyata nama saya kata petugasnya tdk ditemukan….aneh menurut saya, pdhl saya ini peserta UMKM sdh lama..
    Knp ya?

  3. Sms kacau. Mending kl memang nggak dikasih, nggak usah dikirimi sms. Ini namanya penipuan halus. Sangat mengecewakan. Antri sehari di BRI ternyata dptnya cuma sms hiburan, bukan duit.

    1. Saya dapat sms dari BRI IFO
      Nasabah .yth.bukan namasaya terus no rekeningnya bukan punya saya…katanya anda mendapat bantuan banpres silahkan veripikasi ke bank bri…terdekat
      saya bingung itu bukan namasaya …tapi emang saya juga daptar tapu yg muncul di sms ..saya ko nama orang lain ..bingung saya

      1. Sama, saya juga dapat 2x sms BRI yg pertama bilang kalau saya dpt, tp yg kdua menyebutkan atas nama rekeningnya orang lain bukan nama saya. Saya coba tlp BRI katanya disuruh datang ksana tp saya belum datang2 hehehe

  4. Saya dah terima sms trnyata bener dari bri,tp katanya suruh nunggu sms yg kedua x nya…dah seminggu kok blm ada sms yg ke 2 ya…….jd bingung.

  5. Saya dapat SMS lalu saya ke BRI tapi kata vs nya saya suruh nunggu ditelpon tapi sampe skrng ga ditelpon2 dan udah 2kali ke BRI tapi jawaban nya sama padahal di buku tabungan sudah jelas ada dana masuk 2,4jta itu gmina ya?

  6. Saya mendapatkan sms notifikasi dari bri sebagai penerima bantuan umkm 2.4 juta sudah saya verivikasi ke bank
    Tapi Sampai sekarang belum dibuka juga blokirnya

    1. Sama saya juga, di cek di eform.bri.co.id nama saya terdaftar tp no.rekening nya beda, terus verifikasi ke BRi isi formulir, foto & tanda tangan

      Pas pencairan ke teller, kata cs nya dana nya udah ada, tp di hold/ di tahan, kata nya tunggu kabar

      Tp sampai saat ini udah 11 hari blm ada kabar, jd bingung mau nanya ke mana ?

      BRI pusat udah di kirim email, tp ga bls²

  7. Saya mendapatkan sms notifikasi dari bri sebagai penerima bantuan umkm 2.4 juta sudah saya verivikasi ke bank
    Tapi Sampai sekarang belum dibuka juga blokirnya di cek ke Buku ravings Dana tsb Sudah masuk

    1. sama bang saya juga.ini sudah tgl 16 oktober.sedangkan sms masuk dari tgl 25 september.sampai saat ini data saya masih di proses untuk di buka blokirnya

  8. kenapa saya dua kali dapat sms BRI sms yang pertama mengatakan Saya terdaftar penerima dan sudah ad butab yg tercetak 2,4jt ,lalu sma yang kedua mengatakan bahwa yang terdaftar pada sms sy yg pertama atas nama orang lain.. kan bingung jadinya.

  9. Saya dapet sms juga setelah vertifikasi dan cek ektp dana masih blum ada..2mgg kemudian ada sms masuk jam 16.56..yg isinya
    NASABAH YTH.info sms banpres produktif (BPUM) pd tgl 07/10/2020 untuk penerima yg terdaftar a.n ATIKAH SUMIARSIH no rek ening 4014xxxxxxx76…nah lho saya g ngerti apa saya ga dpet banpres dan sudah dialihkan ke orang lain…mau tanya k BRI penuh semua…klo emng udah fik ga dapet g usah suruh vertifikasi segala bikin panik dan buang waktu antri pas taunya zonk lagi….

  10. Kalo sudah dapet SMS, trus kita ke BRI bawa apa aja ya ? Harus bawa surat keterangan usaha gitu kah ? Trus kalo usahanya cuma jualan online gitu gimana ?

    1. Sama saya juga, di cek di eform.bri.co.id nama saya terdaftar tp no.rekening nya beda, terus verifikasi ke BRi isi formulir, foto & tanda tangan

      Pas pencairan ke teller, kata cs nya dana nya udah ada, tp di hold/ di tahan, kata nya tunggu kabar

      Tp sampai saat ini udah 11 hari blm ada kabar, jd bingung mau nanya ke mana ?

      BRI pusat udah di kirim email, tp ga bls²

  11. Sudah byk komentar masuk hampir sama keluhannya..mohon beri penjelasanya biar ga ngarep2 duit didalam kaca yg jls … Tetangga saya seorang jansa kasihan setiap hari cek ektp dan dia sampe g jualan yg sampe skrg dana blum masuk terus blum lgi antrianya penuh sesak…tolong pemerintah sistem verifasika diperbaikan lagi…yg di sms yg pasti dapet aza jgn bikin panik semua WNI yg sedang membutuhkan bantuan saat pandemi ini…biar waktu dan usaha para ibu rumah tangga yg jualan ga buang waktu percuma mks mohon segera balas

  12. Saya nasabah PNM mekar dari pertama berdirinya PNM saya ikut,eh malah yg dapat bantuan yg baru jadi nasabah kebanyakan yg dapat bantuan malah yg baru ikut jadi nasabah.nasabah lamanya jadi pada ngeluh,kenapa yg dapat bantuan hampir yg baru semua.

  13. Sy penerima SMS BRI info nama sesuai dengan nama dan nomor rekening sy yg sudah lama mati,dan sy sdh ke bank BRI katanya nama sy belum ada silahkan dicek 1 minggu lg,kira kira sy dapat gak sih

  14. Kenapa saya dapat SMS atas nama org lain sedangkan pada saat daftar sdh jelas2 nama ditulis,bingung juga.klo mmg ga dapat jgn SMS bikin org kecewa

    1. NIK sy di cek di eform.bri.co.id nama saya terdaftar tp no.rekening nya beda, terus verifikasi ke BRi isi formulir, foto & tanda tangan

      Pas pencairan ke teller, kata cs nya dana nya udah ada, tp di hold/ di tahan, kata nya tunggu kabar

      Tp sampai saat ini udah 11 hari blm ada kabar, jd bingung mau nanya ke mana ?

      BRI pusat udah di kirim email, tp ga bls²

  15. Saya sudah dapat smsny dan juga sudah datang ke bank untuk verifikasi data dengan melengkapi smua prsyaratan pencairan. Kata satpam nya sih akan di sms, tetapi sampai sekarang blum ada di sms dan sama sekali belum cair uang nya. Mohon di perjelas itu kenapa?

    1. Kasus anda sama persis dengan saya ibu.
      Setelah terima sms ke 1, lalu sudah verifikasi ke bank BRI terdekat, sama satpam bank BRI nya kita disuruh tunggu sms ke 2 dari pihak bank BRI kemudian baru bisa mencairkan dana (BPUM) nya.
      Semoga kedepannya lekas ada kejelasan, syukur² dana bantuan nya bisa dicairkan.Aamiin

  16. ni sbtulnya bneran mau ksih bntuan apa cuma iming2 aja t ,,,ksihan ibu sya krna sdah d dftrin sdh d sms d cek jg ada nmya jg sma tp d cek d komputer yang keluar beda mlh nma orang lain ,,,,pdhal smpe gk pergi jualan td yang ke3 kli dtang mlh smpe stngh hr bru plang dan hasilnya nihil

  17. Saya Cek melalui eform.bri.co.id NIK saya terdaftar sebagai penerima,saya ke BRI konfirmasi tapi alasan pihak bang kata nya nama saya masih di blokir dari pusat,padahal saya tidak ada kredit apapun

    1. Sama saya juga, di cek di eform.bri.co.id nama saya terdaftar tp no.rekening nya beda, terus verifikasi ke BRi isi formulir, foto & tanda tangan

      Pas pencairan ke teller, kata cs nya dana nya udah ada, tp di hold/ di tahan, kata nya tunggu kabar

      Tp sampai saat ini udah 11 hari blm ada kabar, jd bingung mau nanya ke mana ?

      BRI pusat udah di kirim email, tp ga bls²

  18. Pada tgl 19agustus 2020 yg lalu saya mendaftar bansos umkm melalui online. Dan pada tgl 17okteber 2020 sy mendapat sms bni info saya mendapatkan bantuan umkm dgn no rek…. kemudian sy datang ke bri terdekat untuk verifikasi. Teryata di sebutkan oleh pihak bank bri saya tidak terdaftar sebagai penerima bansos umkm. Padahal semua persaratan yg diminta oleh pihak bank sunah sy penuhi semua. Yg saya tanyakan mengapa sms dr bank saya dapat. Sedangkan dana tsb tidak ada di bank. Jadi apa maksud sms jong tsb. Mohon penjelasan terima ksh

  19. Maaf nih pak/bu…
    Bapak saya namanya RUHIAT dapat sms pemberitahuan dari bank, tapi saya coba cek d e.from bri gak muncul. Itu gimna y? Hari minggu tgl 15 oktober ada sms, hari rabu baru datangin kantor terdekat…

  20. Saya sudah ceck diBRI saya dapat banpresnya di cetak dibuku tabungan uangnya muncul tapi masih diblokir dari pusatk,padahal sekarng saya sudah tidak punya pinjaman diBRI atas nama nur oktaviani darj purwokerto.kata CS BRI nya nunggu dibuka dari pusat katanya kalo ngga dibuka2 berarti nanti uangnya dikembalikan ke pusat,,

Jangan Lewatkan