oleh

PT. Gawi Bahandep Sawit Mekar Berikan Bantuan Peralatan Pemadam Kebakaran ke Tiga Desa di Seruyan

Last Updated: 23 Sep 2019

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Atas bentuk kepedulian dan tanggung jawab dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), PT Gawi Bahandep Sawit Mekar (GBSM) memberikan peralatan pemadam kebakaran ke tiga (3) desa di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Adapun dari ketiga desa tersebut adalah Desa Jahitan, Desa Muara Dua dan Desa Baung. Dimana Bantuan tersebut berupa sarana prasarana (Sapras) Pemadam Kebakaran yang diberikan berupa 6 Alkon, 18 Selang, 6 Nozzle, 6 Selang Hisap dan 30 kotak Masker. Peralatan pemadam Karhutla tersebut diserahkan oleh Senior Estate Manager (SEM) GBSM, James Tamba kepada Kepala Desa Jahitan, M. Ahyar, Kepala Desa Muara Dua, Hamri, Kepala Desa Baung, Piming dan juga Masyarakat Peduli Api (MPA) di masing-masing Kantor Desa pada hari yang sama (Minggu, 22 Sept 2019).

“Kami (GBSM) sangat serius untuk mencegah adanya Karhutla di areal sekitar perusahaan. Selain itu, perusahaan juga turut membantu desa-desa sekitar untuk menanggulangi kebakaran lahan yang terjadi,” Ujar Direktur Utama GBSM, George Oetomo. 

Perusahaan bersama dengan aparat pemerintah daerah dan juga masyarakat sekitar telah mengantisipasi datangnya musim kemarau yang dapat berdampak kebakaran lahan dengan membentuk MPA di tahun 2016. Pembentukan MPA tersebut merupakan bagian dari program Desa Bebas Kebakaran (DBK) dari GBSM yang kini disempurnakan menjadi Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Setiap tahun, perusahaan selalu mensosialisasikan kegiatan tersebut di desa-desa sekitar sebagai upaya pencegahan awal Karhutla dan juga mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya maupun dampak yang dapat ditimbulkan. Terang George. 

Dengan adanya kebakaran yang terjadi saat ini, perusahaan beserta MPA dan pemerintah daerah telah berusaha secara maksimal dan bahu-membahu untuk memadamkan kebakaran yang terjadi. 

“Melihat perkembangan Karhutla kini di Indonesia, maka ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk memadamkan Karhutla yang ada. Dengan pemberian bantuan ini, kami berharap dapat mengurangi kebakaran hutan yang terjadi. Kami akan terus bekerjasama dengan MPA untuk tindakan pemadaman tersebut,” Tambahnya.

Kepala Desa Baung, Piming dan Kepala Desa Jahitan, M. Ahyar menyambut sangat baik bantuan peralatan pemadam kebakaran yang diberikan GBSM, mereka sangat senang karena perusahaan mau bekerja sama dengan desa-desa dalam penanganan karhutla yang terjadi. 

Kemudian Kepala Desa Muara Dua, Hamri mengapresiasi GBSM atas kepeduliannya dalam upaya pencegahan Karhutla yang selama ini dilakukan. Selain itu, dengan pembentukan MPA, perusahaan juga membantu membina para anggotanya dalam pelatihan pencegahan kebakaran. 

Hal serupa disampaikan oleh Kapolsek Seruyan Hilir, Setiyono, semoga dengan adanya pemberian bantuan tersebut dapat membantu memadamkan Karhutla yang ada di sekitar Kabupaten Seruyan.

Pada tahun 2018, GBSM menyempurnakan Program Desa Bebas Kebakaran menjadi Program DMPA. Program ini memiliki tujuan untuk memberdayakan ekonomi desa agar dapat tumbuh makmur dan juga untuk mencegah terjadinya Karhutla. (Fathul Ridhoni)

Komentar

Jangan Lewatkan