Antusias Ribuan Masyarakat Ramaikan Maaghak Suwek

Kampar, Top Ten831 kali dibaca

Lintas10.com (BANGKINANG) – Antusias Ribuan masyarakat Pulau Birandang Berbaur Bersama masyarakat Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampar Timur dalam meramaikan tradisi Maaghak Suwek, Senin (1/2/16) yang digelar di Desa Pulau Birandang.

Tampak Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPK Apindo) Kampar Muhammad Amin, S.Ag, MH yang turut hadir pada acara itu. Masyarakat ini melakukan arak-arakan berkeliling kampung dan sawah. Di tengah perjalanan, Ketua DPK Apindo Kampar Muhammad Amin, S.Ag, MH yang hadir bersama tokoh masyarakat Kampar Drs H Syafrizal, M.Si langsung disambut dengan pencak silat, rombongan diarak menuju lokasi acara, juga hadir beberapa orang ninik mamak Kenegerian Kampar diantaranya tampak hadir Datuk Paduko Tuan, Pucuk Adat Kenegarian Kampar Zahari Datuk Tumangguong, Datuk dari suku Melayu dan Drs Aprizal DS Datuk Lulo.Selain itu juga hadir utusan kelompok tani 9 desa se-Kampar Timur binaan DPK Apindo yang tergabung dalam Forum Petani Kampar Bersatu.

Ketua panitia Maaghak Suwek Indra Noval dalam sambutannya menyampaikan, acara ini merupakan acara rutin tahunan yang menjadi tradisi budaya asli dari Desa Pulau Birandang dan satu-satunya di Provinsi Riau.

“Acara ini sebagai wujud rasa sykur kepada Allah SWT atas rezki panen padi dengan hasil melimpah dan terhindar dari penyakit,” kata Noval.

Dikatakan, salah satu rangkaian acara ini adalah melakukan pawai yang dimulai dari lokasi tempat berkumpul, seterusnya mengeliliki kampung dan area sawah.

“Tahun sebelumnya sampai ke Selat Aur. Namun tahun ini karena mengingat waktu hanua sampai di area pekuburan,” terang Noval.

Setelah penyampaian sambutan-sambutan lalu dilakukan sholat zuhur berjamaah dan makan bersama.Di acara itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada lima orang yang membuat obat padi terbaik.

Baca Juga:  Dinas Sosial Tunggu Informasi resmi dari Dinsos Provinsi Sumut, terkait dihentikannya santunan Covid19 bagi ahli waris

Komentar