Kejari Siak Laksanakan Putusan terhadap 5 Orang Warga Asing

Hukrim, Siak437 kali dibaca

Siak, lintas10.com- Kejaksaan Negeri Siak melaksanakan putusan Pengadilan terhadap perkara Pidana Keimigrasian, dalam Penerimaan Pidana Denda Sebesar Rp.500 Juta Kamis (7/4/2022). Yang telah berkekuatan Hukum dalam perkara tindak pidana Keimigrasian 5 orang warga Asing yang berasal dari Negara Filipina.

Hal itu disampaikan kepala Kejaksaan Negeri Siak Dharmabella SH melalui Kepala Seksi Intel Saldi SH ketika ditemui diruang kerjanya.

“Telah dilaksanakan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam perkara tindak pidana keimigrasian atas nama terdakwa Quinto Jimmy Baga bersam 4 rekannya  berwarga Negara Filipina,” ujar Mantan Kasipidum Kejari Payakumbuh Sumatera Barat ini.

Sebagaimana pidana yang dijatuhkan yaitu Pidana Denda kepada para terdakwa dengan ini para terdakwa menyatakan sikap menerima dan menyanggupi atas pidana denda tersebut, sehingga Jaksa sesuai kewenangannya sebagai eksekutor telah menerima pidana denda dari masing-masing terdakwa total uangnya sebesar Rp.500 juta.

“Selanjutnya Jaksa Eksekutor melakukan penyetoran ke rekening Kas Negara sebagai penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) langsung di saksikan oleh Penasehat Hukum terdakwa dan diterima oleh pihak Bank BRI,” katanya.

 

Pelaksanaan penerimaan pidana denda dihadiri oleh Jaksa Eksekutor, para terdakwa dan Penasehat Hukum Para Terdakwa serta disaksikan oleh Pegawai Bank BRI Cabang Siak, pengawalan anggota Polisi dari Polsek Siak.

“Adapun sebagaimana putusan menyatakan kepada para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja masuk wilayah Indonesia yang tidak melalui pemeriksaan oleh Pejabat imigrasi di tempat pemeriksaan imigrasi,” ungkap Saldi.

Baca Juga:  Hitungan Jam AKP Herman Pelani Bekuk Bandar Narkoba di Kampung Bukit Agung, Sabu-sabu Berasal Pelalawan

Komentar