oleh

Hendro Susanto: Selamat atas Terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri, Catatan Buat Polda Sumut

-lintas Daerah-351 kali dibaca

Medan, lintas10.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara khususnya komisi A, mengapresiasi proses uji kepatutan dan kelayakan pada calon Kapolri terpilih. Yang berlangsung pada hari rabu, 20 januari 2021 siang, terpilih komjen listyo sigit prabowo, di ruang rapat komisi III DPR RI.

Diketahui Presiden RI Jokowi, hanya mengirimkan satu nama calon ke DPR RI, dan oleh karena itu secara regulasi DPR RI melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan pada calon Kapolri.

Setelah proses uji kepatutan dan kelayakan berlangsung beberapa jam, maka Semua fraksi di DPR RI, secara musyawarah mufakat menyetujui Komjen Listyo sebagai Kapolri yang baru.

Hendro Susanto, selaku ketua komisi A DPRD Prov Sumut, menyampaikan bahwa Kepolisian Republik Indonesia merupakan salah satu institusi penegak hukum yang penting di Negeri ini.

Lambang Polri, Rastra Sewakottama, yang berarti “Polri adalah Abdi Utama dari pada Nusa dan Bangsa,” kata Hendro, harus dimanifestasikan secara nyata dan sungguh-sungguh kedepannya.

“Makna lambang tersebut memposisikan Polri sebagai alat negara yang berada ditengah, bersikap adil, non partisan, tidak terlibat politik praktis, apalagi menjadi alat kekuasaan,” ucapnya, Jumat (22/01/2021)

Menjaga Nusa dan Bangsa merupakan prioritas utama Polri. Polri dibawah Kapolri baru, harus selalu berupaya membuktikan makna lambang tersebut secara profesional dan proporsional sesuai cita cita negara hukum Indonesia dalam menangani berbagai permasalahan hukum.

Harapannya di bawah Kepemimpinan Kapolri yang baru, untuk menghilangkan istilah Hukum tajam kebawah namun tumpul keatas. “Harus menghujam ke atas, jangan kebawah saja, harus berlaku adil, tanpa tebang pilih dalam menegakkan hukum”.

Baca Juga:  PJ Bupati Sarolangun Silaturahmi Dengan Wartawan dan LSM di Rumah Dinasnya, ini Yang Ia Sampaikan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.