oleh

Babinsa Koramil 10/Lolowau, Kodim 0213/Nias olah lahan pertanian menggunakan traktor

Nias Selatan, Lintas10.com – Babinsa Koramil 10/Lolowau, Kodim 0213/Nias, Serda G. Pasaribu melaksanakan UPSUS pendampingan mengolah lahan pertanian milik Kelompok Tani(Poktan) “Mawar“ seluas 1 ha dari lahan seluas 2 ha dengan menggunakan mesin TR 2 di wilayah binaan Desa Lolofaoso, Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan, Rabu (31/10/2018).

Dengan jiwa keprajuritannya, Serda G. Pasaribu terjun langsung ke sawah mendampingi petani untuk membajak sawah dengan menggunakan traktor roda dua.

“Dengan menggunakan mesin traktor roda dua akan mempercepat pengolahan lahan sawah,” kata Serda G Pasaribu saat mendampingi petani membajak sawah.

Menurut Serda G Pasaribu,
dengan menggunakan mesin traktor akan mempercepat pengolahan tanah untuk proses penyiapan lahan sawah yang akan di tanami padi, sekaligus mendukung program pemerintah menuju Swasembada Pangan Nasional agar tetap terjaga.

Selain itu, kata Pasaribu, para Babinsa juga selalu memonitor pekerjaan para petani baik dalam menggarap sawah maupun menanam di wilayah binaannya serta membantu sesuai dengan kemampuannya agar bisa menanam padi dengan baik serta manghasilkan kualitas yang bagus.

Serda G. Pasaribu mengatakan, cara pengolahan lahan yakni pertama, menggunakan traktor yang merupakan cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah.

“Kemudian setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, dan selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur,” katanya.

Serda Pasaribu mengatakan,
keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus.

Baca Juga:  Budidayakan Sayuran, Satgas Yonif R 509 Bantu Ketahanan Pangan Warga Papua


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.