Pemda Rokan Hilir Prioritaskan Pembangunan Sarana Air Bersih

Rohil516 kali dibaca

Lintas10.com, ROKAN HILIR- Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengatakan bahwa program pembangunan sarana dan prasarana air bersih di Kabupaten Rokan Hilir terus digesah. Pasalnya, pembangunan air bersih ini mendapat dukungan masyarakat sangat luar biasa.

“Insya Allah, program pembangunan air bersih akan tetap digesah secara kongkrit. Kita akan terus menindaklanjuti hal ini hingga tuntas. Disadari kebutuhan air bersih sangat diharap-harapkan masyarakat,” ungkap orang nomor satu di Rohil kepada wartawan.

Menurut Bupati, bahwa Pemkab terus melanjutkan program air bersih yang telah di sepakati bersama dengan pihak perusahaan. Dengan adanya MoU ini diharapkan juga serangkaian program pembangunan air bersih berjalan maksimal. Apalagi jika dilihat potensi aliran air sungai Rokan yang memiliki debit air yang tinggi dinilai boleh dikatakan sebagai sentra pengolahan air bersih.2016-02-26-11_500_279

Pemkab menyadari, bahwa setakat ini masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi masuk misim kemarau. Pasalnya, sebagian besar masyarakat bergantung dengan air hujan.

Yang jelas, potensi-potensi aliran sungai Rokan yang ada di desa Melayu Besar kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan terus dikembangkan. Bahwa secara global, daerah itu sudah dilakukan kajian dan studi di nilai sangat cocok sebagai sentra pengolahan air bersih. Sebab aliran air sungai Rokan desa Melayu Besar sendiri yang memiliki debit air yang lebih besar.

“Besar harapan, program pembangunan air bersih akan terealisasi tahun 2016 ini. Saya optimis apa yang dinanti-nantikan masyarakat akan air bersih akan terwujud secara bertahap-tahap,” kata Bupati berharap.

Pusat Kuncurkan Dana Rp.1,4 T untuk Air Bersih
Guna mengatasi krisis air bersih di Kabupaten Rokan Hilir. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat akan mengelontorkan dana sebesar Rp.1,4 trilyun tahun 2016 ini.suwandi

Baca Juga:  Mantap! Kapolres Rokan Hilir Bersama Insan PERS Ujung Tanjung Bagikan Nasi Kotak

Bahwa rencana pembangunan berada di Kecamatan Tanah Putih. Karena dinilai sangat cocok. Alhamdulillah, pusat mau memberikan bantuan untuk air bersih. Ini suatu kebanggaan buat Rohil. Bantuan inipun bisa menutupi kebutuhan air bersih daerah tetangga.

Menurutnya, setakat ini proses lelang sedang berlangsung. Diharapkan hal ino cepat terwujud. Karena sudah menjadi harapan kalangan masyarakat.

Tahap awal kalau tidak salah 400 liter perdetik. Dan bisa menutupi kebutuhan air bersih Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Untuk kebutuhan air bersih Rohil segera bisa diatasi.

“Besar harapan kita semua dapat terwujud. Maka semua program pemerintan layak didukung. Sehingga apa yang kita harapkan seksama terwujud,” katanya.

Pembangunan Program Air Bersih Penting

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Suwandi menyadari bahwa program pembangunan sarana dan prasarana air bersih di Kabupaten Rokan Hilir penting. Pasalnya, pembangunan air bersih ini mendapat dukungan masyarakat sangat luar biasa seperti di Kecamatan TanahPutih.

“Mudah-mudahan, program pembangunan air bersih akan tetap digesah secara kongkrit. Kita akan terus menindaklanjuti hal ini hingga tuntas. Disadari kebutuhan air bersih sangat diharap-harapkan masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, sudah saatnya Pemkab terus melanjutkan program air bersih yang telah di sepakati bersama dengan pihak perusahaan. Dengan adanya MoU ini diharapkan juga serangkaian program pembangunan air bersih berjalan maksimal. Apalagi jika dilihat potensi aliran air sungai Rokan yang memiliki debit air yang tinggi dinilai boleh dikatakan sebagai sentra pengolahan air bersih.

Ia menyadari, bahwa setakat ini masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi masuk misim kemarau. Pasalnya, sebagian besar masyarakat bergantung dengan air hujan.

“Kita melihat potensi seperti Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dan Kecamatan Tanah Putih terus dikembangkan. Bahwa secara global, daerah itu sudah dilakukan kajian dan studi di nilai sangat cocok sebagai sentra pengolahan air bersih. Sebab aliran air sungai Rokan desa Melayu Besar sendiri yang memiliki debit air yang lebih besar.

Baca Juga:  Patut dicontoh, Kapolres Rohil dan Jajaran buka Bersama Serta Berikan Santunan ke Anak Yatim Piatu

“Besar harapan, program pembangunan air bersih akan terealisasi tahun 2016 ini. Saya optimis apa yang dinanti-nantikan masyarakat akan air bersih akan terwujud secara bertahap-tahap,” kata Suwandi.

Air Bersih Kebutuhan Dasar Masyarakat

Penyediaan air minum merupakan salah satu kebutuhan dasar dan hak social ekonomi masyarakat yang harus dipenuhi Pemerintah, baik itu Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Ketersediaan air minum merupakan salah satu penentu peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mana diharapkan dengan ketersediaan air minum dapat meningktakan derajat kesehatan masyarakat dan dapat mendorong peningkatan produktivitas masyarakat. Ssehingga dapat terjadi penngkatan pertumbuhan ekonomi msayarakat.

Oleh karena itu, penyediaan sarana dan prasarana air minum menjadi salah satu kunci dalam pengembangan ekonomi wilayah. Air bersih merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia. Sejauh ini masyarakat perkotaan khususnya Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir menaruh harapan besar kepada pemerintah.bupati-rokan-hilir-suyatno-cek-air-sungai-rokan

Sejauh ini kenyataan yang dihadapi masyarakat, PDAM Rohil belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat baik ditinjau dari aspek kuantitas terutama distribusi air (tingginya Idle capacity) maupun kualitas air yang didistribusikan. Kebutuhan air bersih ini akan selalu meningkat, seiring dengan perkembangan penduduk yang sangat pesat yang disebabkan oleh bertambahnya kebutuhan untuk pelayanan rumah tangga, ataupun pelayanan komersil lainnya seperti industri, perotelan, dan pariwisata ataupun kebutuhan lainnya.

Kebutuhan air bersih yang memenuhi syarat baik dari segi kualitas maupun kuantitas merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat. Oleh karena itu optimalisasi pelayanan air bersih harus selalu diupayakan untuk dicapai seiring dengan laju perkembangan jumlah penduduk dan tingkat sosial ekonomi.

Untuk pembangunan infrastruktur di bidang air bersih perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tingginya permintaan akan pelayanan air bersih saat ini di Kabupaten Rohil sepenuhnya belum tertangani dengan optimal. Baik segi pelayanan yang ada saat ini, maupun kapasitas produksi yang tersalurkan sampai ke konsumen.

Baca Juga:  Satresnarkoba Polres Rokan Hilir Tangkap 4 Orang Pelaku Penyalahgunaan NARKOBA

Menyediakan perencanaan teknis serta spesifikasi teknis dengan mengikuti kriteria, standardan peraturan yang ada. Menentukan alternative penanganan yang terbaik sehingga anggaran lebih tepat sasaran, ekonomis dan efisien. Serta mampu menyediakan perencanaan yang komprehensif agar suatu konstruksi dapat berfungsi dengan baik. (adv/hms)

Komentar