Home / Pelalawan / Polres Pelalawan Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Siak 2017

Polres Pelalawan Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Siak 2017

Pelalawan, lintas10.com- Selasa Pagi (1/11/2017) Polres Pelalawan melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Zebra Siak 2017, di Lapangan Apel Mapolres Pelalawan, dalam pelaksanaan Gelar Pasukan tersebut, Bertindak sebagai Komandan Upacara Kanit Reg Ident Lantas IPTU Mulian Doni.SH, Perwira Upacara KBO Lantas IPTU JTP.Silaban dan Inspektur Upacara adalah Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan.SIK.

Kapolres Pelalawan sebagai Irup membacakan amanat Kakorlantas IRJEN POL Drs.Royke Lumalowa . M.M, dalam sambutannya Kakorlantas menyampaikan bahwa Pelaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka “Operasi Zebra” tahun 2017 ini dilaksanakan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Perlu diketahui bersama data jumlah Kecelakaan Lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2016 sejumlah 2.623 kejadian mengalami penurunan 518 kejadian -16%. dibandingkan periode yang sebelumnya tahun 2015 sejumlah 3.141 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia Operasi Zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang mengalami penurunan sejumlah 128 orang atau 17% dibandingkan periode yang sebelumya di tahun 2015 sejumlah 778 orang.Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112 lembar.

“Amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. ke 4 point di atas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima dijalankan oleh semua pihak dalam melaksanakan amanat, “terangnya

Mencermati hal tersebut di atas, diharapkan kepada seluruh stake holder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis teknis maupun strategis, agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi bisa diminimalisir sehingga tercipta Kamseltibcarlantas yang mantap, untuk menindak lanjuti kebijakan nawa cita presiden republik indonesia yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri yang disebut program (Promoter) Profesional, Moderen dan Terpercaya.

Pada pelaksanaan Operasi zebra tahun 2017 kali ini ada pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yaitu kendaraan bermotor yang melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan motor (R2).

Dengan dilakukan penegakkan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi.

“Operasi ini bertujuan untuk meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, terwujudnya situasi kamseltibcar lantas menjelang perayaan natal tahun 2017 dan tahun baru 1 januari 2018,“tuturnya.

Sebelum mengakhiri amanat, Kakorlantas menyampaikan penekanan dan arahan untuk pedoman dalam pelakasanaan tugas yaitu selalu bertaqwa terhadap tuhan yang maha Esa.Jaga keselamatan anda dalam pelaksanaan tugas.Tingkatkan disiplin anggota polantas dan terwujudnya pelayanan polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme dan Bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas.

Pelaksanaan Upacara Gelar Pasukan ditandai dengan Penyematan Pita Operasi kepada masing-masing Perwakilan, Apel di dihadiri oleh para Pejabat Utama Polres Pelalawan dan instansi terkait dari unsur TNI, Dishub dan Sat Pol PP. Pada apel tersebut juga hadir bapak Bupati Pelalawan H.M. Harris , Ketua DPRD Kab.Pelalawan Nazaruddin.SH.MH, dan Plh. Kajari Pelalawan Roy Revolino Herudiansyah.SH.MH , Pabung Kodim 0313/ KPR, MAYOR INF Untung Kusmanto dan Dan Ramil 09 Langgam KAPTEN INF E.SIHOTANG.

Selesai pelaksanaan upacara gelar pasukan, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan.SIK dan Bupati Kab.Pelalawan bersama Forkompimda melakukan pengecekan terhadap kendaraan Roda 2 maupun roda 4 yang akan di gunakan untuk mendukung pelaksanaan Ops Zebra Siak 2017.

Dijumpai usai Apel gelar Pasukan Kapolres Pelalawan melalui Kabag Ops KOMPOL Edi Munawar.SH.MH sebagai Karendal Operasi Zebra Siak 2017 mengatakan “Apel gelar pasukan ini dilaksanakan, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,“ tutup Kabag Ops.(adi)

Baca Juga

Bahas Konferkab Siak 2017, Panitia Konferkab Siak Silahturahmi dengan Pengurus PWI Riau

Pekanbaru, lintas10.com-Panitia Konferensi Kabupaten (Konferkab) PWI Siak yang ke IV tahun 2017 Soleman Sihotang bersilaturahmi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *