oleh

Puluhan Tahun Masjid Nurul Iman Lubuk Dalam Berdiri Kokoh

20151104_175707-640x360Lintas10.com,(SIAK)- Masjid Nurul Iman salah satu mesjid tertua di Kabupaten Siak yang terletak di Rt 01 Rw 01 Kampung Lubuk Dalam Kecamatan Lubuk Dalam  berada pada jalan lintas penghubung Kabupaten Siak dengan Kota lainya, ini dibangun pada tahun 1986 silam. Pembangunan masjid itu hasil dari swadaya serta gotong royong masyarakat setempat.

Setelah terjadi pemekaran Kabupaten Siak dari Kabupaten Bengkalis dan terbentuknya Kecamatan Lubuk Dalam 2005 lalu menjadikan masjid itu masjid raya Kecamatan.

Bentuk Bangunan masjid yang berukuran 8 x 12 meter itu sebelumnya bisa menampung jemaah sebanyak 50 orang.

Hal itu diceritakan ketua pengurus Masjid Nurul Iman Khairudin ketika ditemui di kediamannya.

“Memang pembangunan masjid ini berawal dari hibah lahan dari H.Sisul untuk didirikan masjid puluhan tahun silam, dan pembangunannya pun swadaya masyarakat setempat,” ujar Khairudin.

Lanjutnya seiring perjalanan waktu penambahan pembangunan pun terus dilakukan dengan membangun kubah masjid yang awalnya hanya satu dan sekarang berjumlah 3 buah.

“Lanjut pembangunan sarana lainnya seperti emperan, tempat berwudhu, dan parkiran sepeda motor,” katanya.

Bila dilihat dari kapasitas saat ini memang tidak mampu menampung jemaah yang akan melaksanakan ibadah shalat apalagi pada shalat jumat.

“Kondisi masjid memang ada yang perlu dilakukan perbaikan, dengan adanya penambahan itu dapat menampung jemaah lebih dari sebelumnya,”katanya.

Dengan kondisi Masjid saat ini lanjut Khairudin perlu ada perhatian dari semua pihak meskipun pembangunan masjid raya Kecamatan tahap proses pembangunan di Kampung Sialang Baru.

“Meskipun begitu kita berharap masjid nurul iman ini tetap dipelihara dengan baik, karena sebelumnya merupakan masjid satu-satunya di Kecamatan Lubuk Dalam,” urai yang juga menjabat sebagai kepala Dusun itu.

Baca Juga:  DPP PERWIRA Mengucapkan Selamat HUT Ke-2 lintas10.com

Umur Masjid yang sudah 29 tahun itu kata Khairudin menjadikan pusat peribadahan umat islam melaksanakan shalat. (Sht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan