oleh

Masa Kontrak Habis, Pekerjaan Pembangunan Jalan Lingkungan Pemukiman Kumuh GG. MBS Desa Persil Raya Kecamatan Seruyan Hilir Terus Berjalan

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Kendati masa pekerjaan sudah berakhir, terhitung tanggal 14 Juni 2018, Pembangunan Jalan Lingkungan Pemukiman Kumuh Gg. MBS, Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalteng, Senilai Rp 159.800.000 yang dikerjakan CV Surya Sejahtera, masih berjalan.

Padahal, sesuai pasal 118 ayat (1) huruf  e Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dijelaskan, pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu bisa dikenakan sanksi. Baik sanksi administrasi, pencantuman daftar hitam dan digugat perdata maupun pidana.       

“Soal sanksi dijelaskan di pasal 11 ayat (2). Seharusnya ketika pekerjaan tidak selesai tepat waktu, Pemkab langsung menghentikan pekerjaan. Pekerjaan bisa dilanjutkan setelah dilakukan penghitungan persentase sisa pekerjaan yang belum dikerjakan. Namun pelaksana bersangkutan diwajibkan membayar denda satu permil dari sisa pekerjaan yang belum dikerjakan,” ujar Nuryadin, salah seorang pengamat konstruksi yang ada di kabupaten seruyan, Kamis (21/6/2018), kepada lintas10.com, di Kuala Pembuang.

Anggaran pekerjaan yang belum terpakai, lanjutnya, wajib disetor ke kas daerah. Setelah ada penghitungan sisa pekerjaan, barulah pekerjaan dilanjutkan dan pencairannya baru bisa dilaksanakan setelah pekerjaan tuntas 100 persen. 

“Yang jelas untuk pekerjaan yang tidak selesai ini, apa bentuk sanksi yang dijatuhkan Pemerintah daerah kabupaten seruyan,” tukasnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, ketika dikonfirmasi dikantornya, Kamis (21/6/2018) sedang tidak berada ditempat, begitu juga dengan kepala bidangnya, Abd.Razak, sedang pada tidak berada dikantor.

Pantauan wartawan di lokasi pembangunan, terlihat beberapa pekerja masih melakukan pekerjaan, meskipun masa kontraknya sudah habis waktunya, dan juga ada salah seorang staf pegawai dinas tersebut.

Dan anehnya juga disaat pekerjaan berlangsung pengecoran ada sebagian yang tidak terlihat dengan besi warmesnya, apakah memang demikian…!

Adapun yang tertera dalam plank proyeknya tersebut, dimana disebutkan, Program  Pembangunan Wikayah Strategis Cepat dan Tumbuh, Kegiatan Pembangunan/Peningkatan Infrasteuktur, Pekerjaan  Pembangunan Jalan Lingkungan Pemukiman Kumuh, Gg. MBS Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, Lokasi Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Nilai Kontrak sebesar 159.800.000, Nomor Kontrak 013.3/PPK-PERKIMTAM/IV/2018 tertanggal 16 april 2018, Pelaksanaan mulai dari 16 April 2018 hingga 14 Juni 2018.(Sudah habis), Kontraktor CV Surya Sejahtera. Dan juga tertera  dimana Pekerjaan ini dilaksanakan dengan Dana yang dihimpun dari Pajak yang Saudara Bayar.(Fathul Ridhoni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan