oleh

Hadapi musim hujan, Babinsa Koramil 03/Parongil cek irigasi

Last Updated: 17 Jun 2019

Dairi, LINTAS10.COM – Upaya mengantisipasi debit air yang tinggi di musim penghujan, Babinsa Koramil 03/Parongil, Kodim 0206/Dairi, Sertu SS Pangaribuan bersama Kelompok Tani SAROHA mengecek saluran irigasi sepanjang 800 meter di Desa Sempung Polling, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi, Senin (17/6/2019).

Pengecekan irigasi itu, Babinsa harus mampu memprediksi debit air yang kemungkinan akan tinggi selama musim penghujan, selain itu mampu mencari solusi dan mengatasi apabila debit air secara drastis meningkat yang memungkinkan air tersebut akan merendam lahan sawah Poktan Saroha seluas 50 hektar.

“Upaya ini sudah kami lakukan mulai dari pembersihan irigasi, mengecek apakah ada kerusakan di area saluran irigasi dan sampai dengan pengecekan pintu air irigasi yang memang harus siap operasional/harus dalam kondisi baik,.

”Sumber air irigasi ini memang berasal dari pegunungan sehingga kami harus betul-betul memperhitungkan debit air yang akan turun sepanjang musim penghujan nanti sehingga kami harus siap dalam mengantisipasinya,” paparnya.

Secara terpisah, Danramil 03/Parongil, Kodim 0206/Dairi, Kapten Inf Immun S Tarigan menyampaikan dalam mengantisipasi di musim penghujan tindakan Babinsa bersama kelompok tani memang sudah tepat, dalam hal ini, mengantisipasi merupakan suatu tindak pencegahan sebelum kejadian itu terwujud.

Danramil berharap hal itu dilakukan secara intensif sesuai perkembangan iklim yang terjadi di tiap-tiap daerah, memang selain hama perubahan iklim yang ekstream pun dapat menjadi kendala bagi kelompok tani.

Akan tetapi dengan adanya upaya antisipasi pengecekan yang dilakukan Babinsa bersama kelompok tani, Danramil yakin kendala tersebut dapat teratasi dengan baik.

“Wujud kerja sama, gotong royong dan komunikasi yang baik sudah terlihat dan dalam aplikasi Babinsa sampai dengan saat ini betul – betul melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dilapangan, hal ini harus terus terjaga dengan baik sehingga program pertanian ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Sumber: Penrem 023

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan