Bupati Kuansing Buka Secara Resmi Festival Pacu Jalur

Kuansing1,078 kali dibaca

Teluk Kuantan, lintas10.com- Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si secara resmi buka Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari di Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi Siang Kamis ,(29/08/2018). Turut hadir Wabup H.Halim, Ketua DPRD Andi Putra,SH.MH, Anggota DPRD Raden, Musliadi dan Werinaldi, Forkopimda, Kepala OPD, Camat Kuantan Tengah M.Refendi Zukman, Para Kades serta sejumlah tokoh masyarakat Kuantan Tengah, diantaranya Drs.Chaidir Arifin.

Dalam sambutannya, Bupati Mursini menyampaikan rasa apresiasinya kepada Panitia Pacu Jalur Rayon IV untuk seluruh rangkaian acara yang dari awal telah membuat Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi ini sarat dengan penonton.

Pacu Jalur ini merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya bagi masyarakat rantau kuantan. Sebagai produk budaya dan karya seni masyarakat yang memiliki makna sendiri, pacu jalur juga menjadi salah satu even andalan Provinsi Riau dan sudah masuk kalender pariwisata nasional. Selain itu, festival pacu jalur yang telah berusia ratusan tahun dari Kabupaten Kuansing ini juga telah berhasil dinobatkan sebagai Kategori Festival Terpopuler di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Karena itu, Bupati Mursini mengharapkan masyarakat Kuansing agar senantiasa menjaga dan melestarikan seni budaya.

“Untuk tahun 2018, Kabupaten Kuansing menjadi Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) yaitu pada Kategori Atraksi Budaya Terpopuler “Perahu Baganduang” dari Kecamatan Kuantan Mudik. Saya berharap partisipasi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberikan suara (vote) hingga tanggal 31 Oktober kedepan. Dengan cara ketik API 8D kirim sms ke nomor 99386,”terang Bupati.

Bupati Mursini juga mengajak seluruh masyarakat Kuansing baik yang ada di kampung maupun di rantau yang telah beritikad baik juga bekerja keras membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kuantan Singingi. Baik membangun infrastruktur, ekonomi kerakyatan, maupun meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  KPU Kuansing Gelar Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara, Ini Yang Diungkapkan Ketua KPU

Komentar