oleh

BAWASLU Siak Jelaskan Tata Tertib Pemindahan APK

-Siak-186 kali dibaca

SIAK, lintas10.com- menanggapi permasalahan tentang prosedur pemindahan dan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang terjadi di wilayah kecamatan Bungaraya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Siak tidak bisa sembarangan dan ada prosedurnya.

hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Siak Moh Royani saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (28/1/2019).

“Terkait adanya APK Caleg di wilayah Kecamatan Bungaraya yang dipindahkan oleh masyarakat pada beberapa hari lalu, sebenarnya titik pemasangan APK tersebut sudah sesuai dengan zona yang ditetapkan oleh KPU. Namun, jika memang ada indikasi keberadaan APK itu mengganggu pemandangan umum, maka harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait sebelum dilakukan pemindahkan, karena semua ada prosedurnya,” tegas Moh Royani.

Menyinggung soal prosedur pemindahan maupun penertiban APK, lanjut Ketua Bawaslu Siak itu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) tidak bisa melakukan secara sendirian (sepihak, red), karena yang memiliki kewenangan dan kewajiban untuk melakukan pemantauan terhadap APK-APK yang dipasang oleh para peserta Pemilu tidak hanya Panwascam saja, melainkan juga ada pihak-pihak lain yang mesti dilibatkan di dalamnya.

“Dalam melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap masalah APK ini, tidak hanya tugas Panwascam saja. Oleh sebab itu, jika ada ditemukan pemasangan APK yang tidak tepat pada zona yang telah ditentukan, maka kita (masyarakat, red) bisa koordinasikan dengan pihak PPK, Panwascam, PPS, dan pihak pemerintah kampung setempat, kemudian baru kita ambil tindakan baik penertiban ataupun pemindahan,” imbuh Royani.

Sedangkan Bawaslu sendiri, lanjut Royani, dalam melakukan penertiban maupun pemindahan APK juga harus melibatkan unsur-unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, termasuk dengan KPU dan Satpol PP.

Baca Juga:  MPKS Akan Hearing Dengan DPRD Siak Bahas BUMD Yang Tidak Menghasilkan PAD


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.