oleh

UPTD PDAM Pangkalan Kerinci Sebut Tidak Ada Anggaran Perbaiki Saluran PAM Yang Rusak

Lintas10.com (PELALAWAN) – Dalam kurun waktu sebulan lebih  air PAM  tidak mengalir di rumah-rumah komplek bumi lago permai (BLP) blok D1,D2 dan D3 sejak awal tahun 2016.

“Saat itu air tidak mengalir  . Tidak ada  pemberitahuan tentang tidak mengalirnya air ini. Untuk alasannya saya tidak tahu persis (belakangan saya tahu karena masalah travo air nya rusak). Saharusnya  surat pemberitahuan itu ada jadi warga mengetahui  kalau air tidak mengalir selama beberapa hari,” keluh  warga  BLP blok D2 biasa dipanggil  pakde  pada lintas10.com.

Terpisah, Kepala UPT PDAM Kecamatan Pangkalan Kerinci Rahim Ritonga yang ditemui di kantornya di Simpang Kualo, Pangkalan Kerinci Kamis (04/02/2016)  mengatakan, PAM tidak mengalir di sebagian rumah warga karena pipa sudah pada bocor. Kemudian ada beberapa trafonya yang sudah meledak akibat coslet.

Kepala UPT Pangkalan Kerinci yang biasa dipanggil Ucok ini mengaku bahwa, pihaknya dari UPT PDAM ingin memperbaiki kerusakan tersebut, tetapi terkendala dengan tidak adanya anggaran. Karena pipa saluran PAM itu ke rumah-rumah warga harus diganti dan memerlukan dana.

“Dana perbaikan kerusakan tersebut sudah ada anggarannya di APBD Kabupaten Pelalawan, tapi proses pencairannya memerlukan waktu karena harus diajukan dulu,” ujarnya.

Maka itu, untuk mengatasi persoalan warga selama kurun air PAM itu belum mengalir kerumah-rumah warga, ada dua unit mobil tangki yang tersedia setiap hari, dua kali bolak balik mengantar ke rumah warga.

“Tapi kendalanya, warga tidak merasa puas karena air yang dibagi itu harus diangkut dari pinggir jalan ke dapur warga tersebut,“terangnya.

Sehingga tidak dipungkiri jika ada kutipan dana dari warga tersebut oleh anggota yang UPT PDAM Pangkalan Kerinci, karena uang tambahan lembur kepada anggotanya tidak ada. Apa lagi dalam kutipan tersebut terjadi atas permintaan warga dan diberikan dengan seikhlasnya tanpa dipatok berapa nilainya.

Baca Juga:  Merasahkan Masyarakat Pangkalan Kerinci Dua Begal Diamankan

” Dan komplain terkait air  keruh dikarnakan biaya membeli Zat kimia untuk membersihkan air anggaranya tidak ada. Zat kimia yang dibutuhkan Kaporit Alum,Soda dan Polimer.jadi kita hanya bisa mencampurkan dengan zat kimia Alum saja, sehingga air PAM yang kita alirin masih keruh. Gimana lagi bang anggaranya tidak ada untuk membeli zat kimia tersebut,” tandasnya. (Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan