oleh

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Perdana Di Desa Hasahatan Jae

Last Updated: 17 Agu 2018

PADANG LAWS,lintas.10-Pemerintahan desa Hasahatan Jae kecamatan Barumun kabupaten Padang Lawas provinsi Sumatera Utara mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih dihalaman kantor desa, Jumat (17/8/2018).

Upacara pengibaran bendera merah putih tersebut tercatat yang perdana dilaksanakan di desa Hasahatan Jae, dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUTRI) ke 73.

Meskipun sederhana, prosesi upacara berlangsung secara khidmat yang diikuti oleh Perangkat Desa; Kaur, Badan Permusyaratan Desa (BPD), BUMDES, Karang Taruna, dan Ibu PKK desa.
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) langsung dipimpin Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hsb. Bertugas sebagai pengibaran bendera merah putih 3 (tiga) orang mahasiswa-mahasiswi, UUD 1945 dibacakan tokoh masyarakat Ahmad Zakaria Hsb, dan Teks Proklamasi dibacakan Ketua BPD Hasahatan Jae Sufriadi Halomoan Hsb.

Dalam amanatnya, Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hsb menjelaskan kegiatan pengibaran bendera merah putih pertama sekali diselenggarakan di desa Hasahatan Jae pada Hutri.

“Pengibaran bendera merah putih suatu kegiatan yang perdana ditengah-tengah masyarakat, dan dinilai sangat baik dilaksanakan setiap tahunnya demi menanamkan nilai-nilai cinta tanah air,”ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan pengibaran bendera merah putih tersebut berasal dari usulan tokoh masyarakat. Selain mengadakan berbagai macam kegiatan perlombaan, tokoh masyarakat juga menyarankan pemerintah desa supaya melaksanakan pengibaran bendera merah putih, karena dinilai kegiatan tersebutlah puncak dari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kalau bisa kegiatan pengibaran bendera merah putih jangan hanya dilaksanakan ditingkat Kabupaten ataupun tingkat kecamatan saja, tetapi wajib bisa dilaksanakan ditingkat desa,”jelasnya menirukan ajakan tokoh masyarakat tersebut.

Untuk itu katanya, kegiatan pengibaran bendera merah putih pada Hutri, akan menjadi agenda tahunan dari pemerintah desa Hasahatan Jae, dengan tujuan supaya seluruh masyarakat bisa menghargai perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.(Supri).

Komentar

Jangan Lewatkan