oleh

Anggaran Dana Desa Purwodadi Kabupaten Deliserdang di Soal Warga, Begini Keterangan Kades Purwodadi

-Hukrim-259 views

DELISERDANG, lintas10.com – Warga Desa Purwodadi, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara menyampaikan keluh kesahnya kepada media ini tentang perihal sejumlah kejanggalan terkait penggunaan Dana Desa Purwodadi hingga menimbulkan pertanyaan ditengah – tengah Masyarakat, Rabu (21/07/2021).

Dibeberkan sumber kepada Lintas10.com yang tak lain adalah warga Desa Purwodadi yang layak dipercaya yang enggan namanya dipublikasikan di media ini menyampaikan bahwa, Anggaran Dana Desa (ADD) pada tahun 2020 serta tahun 2021 layak didalami Aparat Penegak Hukum (APH) ujarnya. Pasalnya menurut warga, pada plang papan informasi geografis yang dipajang pihak Desa Purwodadi diduga kuat tidak sesuai dengan realisasi dilapangan.

Seperti halnya tertulis pada papan informasi geografis penggunaan ADD tahun 2020 disebutkan bahwa pembangunan jalan berupa Paving Block di dusun V Gang Prona Desa Purwodadi yang menelan anggaran sebesar 30.935.600 rupiah, akan tetapi menurut warga jalan pada gang tersebut terahir diperbaiki pada tahun 2018 hingga sampai hari ini belum ada perbaikan lagi sebut warga.

Dana Bumdes yang dibentuk sekitar tahun 2018 silam, dengan modal pertama 90 juta rupiah juga tidak diketahui juntrungannya, pasalnya pada info geografis tidak ada lagi di cantumkan sebut warga.

Pun halnya tentang dana sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang terpampang pada papan informasi penggunaan ADD per tahun 2020 yang menelan anggaran sebesar 13.933.000 rupiah, menurut warga hal ini kurang tepat. Anehnya pada tahun 2021 ADD juga dianggarkan kembali untuk Sosialisasi Pilkades sebesar 13.933.000 rupiah.

Lebih lanjut anggaran untuk sosialisasi Covid 19 sebesar 70 jutaan lebih, menurut warga di desa Purwodadi tidak ada sosialisasi dan hanya dilakukan penyemprotan Desinfektan ditempat – tempat tertentu saja, lantas warga pun menganggap anggaran itu terlalu besar mengingat di tengah2 masyarakat jarang mendapatkan sosialisasi Covid 19, ujar warga.

Baca Juga:  Polsek Kotogasib Amankan Dugaan Pelaku Pencurian

” Ini sosialisasi pilkades dianggarkan rutin dari ADD per tahun 2020 dan tahun 2021, padahal pemilihan Kepala Desa adanya pada Oktober tahun 2021 nanti, lantas dana sosialisasi ini kemana larinya, dan info geografis tahun 2020 dengan info geografis 2021 kok sama persis” tanya warga heran.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Desa Purwodadi Lasidi mengatakan sosialisasi Pilkades sedang berjalan hanya saja menunggu Peraturan Bupati (Perbub) disahkan kata Lasidi, Rabu (21/07/2021).

“Sosialisasi pilkades kita jalan nunggu perbub tentang pilkades di sahkan, pemasangan paving blok di gg prona dusun V tahab kedua tahun ini”.

Disinggung jika belum keluar perbub mengapa sudah di anggarkan pada ADD tahun 2020? Dan pemasangan paving block di dusun V dibeberkan warga belum terealisasi.

Mendapati itu, Kepala Desa Purwodadi mengatakan jika anggaran tahun 2020 sudah selasai di kerjakan semua sesuai infografis 2020 klaimnya. Dan untuk tahun 2021 masih tahap pertama, dan untuk sosialisasi covid 19 masyarakat boleh datang kedesa untuk menanyakan anggaran tsb tutupnya. (Ly Tinambunan)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar

Jangan Lewatkan