Mencegah Kekerasan Seksual, Mahasiswa USU Menandatangani Komitmen Bersama

Lintas SUMUT163 kali dibaca

Lintas10.com, Medan – Bertempat di Universitas Sumatera Utara, Tim Fortune PKM USU, melaksanakan uji coba komik bergambar untuk mahasiswa di dalam upaya mencegah kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi, Jumat (6/10/23). Uji coba tersebut dilakukan di salah satu pertemuan dimana dosen bersedia menjadikan mata kuliahnya sebagai tempat melaksanakan kegiatan tersebut.

David Dodi Lumbantobing, Ketua Tim Fortune PKM menyampaikan rasa senangnya karena ada dukungan dari dosen untuk menguji coba komik bergambar tersebut. “Kami telah bersusah payah menyusun komik tersebut, menggunakan disain yang mudah dimengerti dan kekinian. Tim kami bahkan telah mendaftarkan dan menerima hak cipta atas pembuatan komik tersebut. Jelas kami lebih senang ketika dosen pun mendukung kegiatan kami ini dengan membuka ruang pertemuan di kelas. Jadi uji coba modul menjadi efektif”.

Di kelas yang diasuh oleh dosen Dra. Nita Savitri, M.Hum dan Dr. Fotarisman Zaluchu, SKM, MPH tersebut, tim Fortune PKM menyampaikan penjelasan gambar demi gambar dari modul tersebut. Novi, Cecilia dan Paula secara bergantian menjelaskan mengenai peran mahasiswa di dalam melakukan pencegahan kekerasan seksual.

Paula menyampaikan, “Kita harus berani membela teman kita. Jika teman butuh kita menemaninya saat dia merasa perlu didampingi, kita harus memberikan waktu.” Ditambahkan oleh Novi, “Karena kalau kita membela teman kita saat ini, maka lain waktu mungkin kita yang akan dibela oleh teman kita yang lain”. Cecilia mendorong supaya semua mahasiswa membangun semangat yang sama. “Kita ada untuk teman kita.”

Dr. Fotarisman Zaluchu, SKM, MPH sangat mengapresiasi karya dan inisiatif tim Fortune. “Kita harus menghentikan kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi. Ini merupakan kondisi yang mencoreng wajah kampus sebagai tempat membangun integritas keilmuwan.”

Baca Juga:  Diduga Preman Bayaran "Pukuli" Pemilik Tanah Ahli Waris di Medan Polonia, Begini Kronologinya!

Komentar