Home / Kampar / Edi Saputra Dinobatkan Menjadi Datuok Pito Siramo

Edi Saputra Dinobatkan Menjadi Datuok Pito Siramo

RUMBIO, lintas10.com- Edi Saputra dinobatkan menjadi datuk Pito Siramo kenegerian Rumbio menggantikan Syafri. Syafri memangku jabatan lebih kurang 8 tahun.

Penobatan dilangsungkan di rumah Siompu di Desa Rumbio Kecamatan Kampar, Minggu (6/8/2017) dihadiri Datuok Sinaro, Datuk nan Batigo yakni, Datouk Monggung, Datuok Cagar Alam dan Datuok Pito Siramo, Datuok Panglima Malin, uwang limbago, para mamak dan anak kemenakan serta undangan lainnya.

Datuok nan Batigo yang diwakili Datuok Monggung dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa dulunya kami ini selalu bersama, baik dalam membuka hutan untuk dijadikan lahan peladangan maupun bergaul ditengah masyarakat, kedepan hendaknya tetap selalu bersama, katanya.

Saya berharap acara penobatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga dengan dinobatkannya Datuok Pito Siramo yang baru dapat membawa kemajuan dimasa mendatang.

“Mudah mudahan acara penobatan ini diberkahi oleh Allah SWT,” ujar Datuok Monggung.

Sementara itu, Datuok Sinaro setelah menobatkan Edi Saputra menjadi Datuok Pito Siramo berharap, agar Datuok yang baru dinobatkan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan adat berlaku. Kepada anak kemenakan, mulai saat ini jika bertemu tidak lagi memangil nama Edi Saputra melainkan Datuok Pito Siramo.

“Perlu diingat dan dicamkan oleh para Ninik Mamak agar dalam menjalankan tugas untuk selalu berkata benar, berjalan lurus, menimbang sama berat dan meletakkan sesuatu pada tempatnya. Memelihara dan memberi petunjuk kearah yang baik dan benar kepada anak kemenakan, karena seorang Datuok merupakan panutan dari anak kemenakan,” ujar Datuok Sinaro.

Saat ini, tugas seorang Ninik Mamak sangatlah berat karena sangat muda bagi seseorang menyampaikan berita atau lainnya dengan mudah dan gampang di akses, seperti berita hoak.

Untuk itu, sebelum mengambil kebijakan atau keputusan, hendaknya dapat diteliti dan ditelusuri kebenarannya dan kalau dapat dimusywarakan terlebih dahulu sehingga tidak ada orang merasa dirugikan, ujar Datuok Sinaro mengingatkan.

Datuok Pito Siramo, Edi Saputra dalam kesempatan itu mengharapkan agar para Ninik Mamak dapat membantu dirinya dalam melaksanakan tugas.

“Saya minta tunjuk ajar kepada para Datuok yang ada agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” Ujarnya. (hasbi)

Baca Juga

Pelatihan Jurnalistik, Ketua PWI Kampar: Wartawan Adalah Profesi Mulia

BANGKINANG KOTA,LINTAS10.COM- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kampar, adakan pelatihan jurnalistik kepada siswa dan mahasiswa di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *