Bupati Rokan Hilir Sebut Pembuatan Kanal Potensi Atasi Karhutla

lintas10.com (Bagansiapiapi) – Bupati Rokan Hilir, H Suyatno menilai potensi Sungai Rokan cukup banyak. Salah satunya, bisa dijadikan sebagai sumber air untuk penanganggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
“Saya menilai bahwa potensi sungai rokan cukup besar. Sangat disayangkan hal ini tidak dimanfaatkan. Kondisi seperti ini perlu dicermati dalam mengatasi Karhutla di Rohil,” ungkap Suyatno, Kamis (18/2/16).
Menurut Bupati, air sungai rokan bisa dipakai untuk memadamkan karhutla di Kecamatan Tanah Putih. Karena tiap tahun jadi langanan karlahut. Apalagi selama ini keluhan dalam mengatasi karlahut masalah air.
Maka kedepan potensi ini perlu dimanfaatkan dalam mengatasi karhutla. Barang tentu perlu peran perusahaan diminta buka mata dengan penanganan karlahut jika terjadi. Jangan sampai seolah lepas tangan begitu saja.

Khusus perusahaan perkebunan diingatkan untuk membuat sekat kanal atau embung. Kondisi lahan kebun berkarakter gambut sangat rawan dengan kejadian kebakaran disamping jika terjadi kebakaran sangat sulit ditanggulangi. Hal itu diperhatikan dengan serius oleh perusahaan.

“Jangan biarkan Pemkab bekerja sendiri. Maka kita ingatkan dapat memanfaatkan potensi sungai rokan. Sehingga ancaman karlahut bisa diatasi sedini mungkin,” kata Bupati mengingatkan. (Gabe)

Baca Juga:  Ciptakan Situasi Kondusif, Anggota Polsek Kahayan Tengah Gelar Patroli Malam

Komentar