Home / lintas Labuhan Batu dan Palas / 25 M Dana Pusat, Jalan Tembus Hapung Madina Pasaman Dikerjakan Lagi
Kadis Pekerjaan Umum Palas Harry Rizal Hasibuan (Fhoto.Supriadi)

25 M Dana Pusat, Jalan Tembus Hapung Madina Pasaman Dikerjakan Lagi

PADANG LAWAS,lintas.10-Tahun 2018 ini, Proyek pembukaan jalan tembus Hapung Palas ke Madina dan berbelok ke Pasaman Sumatera Barat berlanjut lagi.  Dana Rp 25 miliar didapatkan dari pusat,  untuk anggaran pengerjaan lanjutan pembukaan jalan ini. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas,  Harry Rizal Hasibuan, kepada wartawan Selasa (13/3) mengatakan,  saat ini pengerjaan sudah kembali dilakukan jalan yang menghububgkan tiga kabupaten ini. 

“Kalau ke Madina,  masih ada delapan kilometer lagi (agar tembus).  Kalau ke Pasaman,  sekitar dua kilometer lagi, ” kata Harry. 

Diakuinya,  untuk proyek pusat memang cepat pengerjannya.  Sayang,  tidak sempat diketahui,  apakah pengerjaan masih dilanjutkan seperti tahun Sebelumny melibatkan TNI atau bentuk lain. 

“Jalan-jalan ke sana.  Banyak yang indah nanti ditatap di sana, ” tantang mantan sekretaris Bappeda Palas itu. 

Dikatakannya,  dengan selesai dibuka jalan ini dan ke depan Dilanjutka pengaspalan,  maka konektivitas tiga daerah ini akan terbuka lebar.  Jarak tempuh akan terpotong jauh.  Tentu,  itu sangat menguntungkan. 

Sebelumnya,  pada 2017 lalu,  sudah dimulai pembukaan jalan ini. Saat itu, tahun lalu sudah ditampung sebesar Rp 10 miliar dari pusat dan Rp 5 miliar dari provinsi.  

Nah,  setelah pembukaan jalan sudah tembus,  tahun berikutnya baru dilakukan pengaspalan.  Diharapkan,  pengaspalannya juga bisa dari anggaran pemerintah pusat.   “Kalau untuk pengaspalan,  butuh Rp 400 miliar, ” tambahnya.  

Tentu,  dikatakannya,  semua harus optimis rencana ini bisa terwujud.  Dengan begitu,  akses Palas ke Madina dan Pasaman akan lebih mudah.  

Bisa dibayangkan,  ke Bukit Tinggi nanti bisa tembus perjalanan hanya 2,5 jam.  Begitu juga ke Madina,  hanya satu jam.

Pengusulan sejumlah ruas jalan kabupaten diperkirakan sepanjang 50 km. Terdiri dari ruas jalan Kabupaten Palas panjang lebih kurang 28 km lebar 12 meter dan ruas jalan Kabupaten Madina panjang 22 km.

“Pengusulan perubahan status jalan menghubungkan Kabupaten Palas- Madina sesuai hasil pembicaraan dengan Presiden dan telah ditindaklanjuti Kementerian PU bersama Pangdam I/BB,” terangnya sembari menambahkan, selain jalan tembus antara Kabupaten Madina-Palas, rencana akses jalan tembus Kabupaten Palas dan Pasaman segera dibahas.

Sebelumnya Kaban Bappeda Palas Hj Yenny Nurlina Siregar mengatakan, ruas jalan Palas sepanjang 23 km itu, mulai dari Desa Panarian hingga tembus ke perbatasan Kabupaten Madina. Sedangkan 27 km lainnya adalah ruas jalan Madina hingga ke perbatasan Palas.(Supriadi).


Baca Juga

Saleh Sosialisasi BPOM di Pir Tran, Palas

PADANG LAWAS,lintas.10-Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.