oleh

PMKS Diresmikan, PT STA Grup Investasi 140 M di Palas

Last Updated: 24 Jan 2018

PADANG LAWAS,lintas.10-Satu lagi Pabrik  Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Karya Agung Sawita (KAS) anak perusahaan dari PT STA Grup di Kabupaten Padang Lawas berdiri.

PMKS PT KAS yang berlokasi di Desa Papaso Kecamatan Batang Lubu Sutam resmi beroperasi dengan ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap,  Rabu (24/1).

Pabrik dengan nilai investasi mencapai Rp 140 miliar ini diyakini akan memacu pertumbuhan ekonomi di daerah yang bakal menjadi Kecamatan Sosa Timur ini.  Harapan itu pun terdengar dari warga,  sebagai optomisme mereka akan adanya perubahan pasca hadirnya PKS ini. 

“Dulu,  tempat ini jadi sarang begu dan setan.  Sekarang sudah berdiri pabrik seperti ini.  Terima kasih PT KAS sudah mau menanamkan investasi di sini, ” kata Irwan Hasibuan,  tokoh masyarakat Batang Lubu Sutam. 

Saat peresmian,  terlihat hadir petinggi PT KAS,  di antaranya Mosflay selaku top management,  Kadir dari kantor direksi Medan, Apuk Chandra,  General Manager dan Ikuten Tondang selaku Production Control Regional Sumut II STA Grup. 

Saat disinggung kapasitas pabrik,  ikuten Tondang mengatakan,  per jamnya akan mampu mengolah 60 ton sawit dan per hari mencapai 1.200 sampai 1.400 ton.

Sawit ini diharapkan didapatkan dari kawasan Tran Pir dan juga Rokan Hulu.  Sebab,  PT KAS sendiri tidak memiliki lahan kebun di lokasi ini. 

Untuk tenaga kerja,  PKS PT KAS Papaso ini mampu menampung 60 pekerja.  “Sekarang kita masih satu ship, kalau dua ship mungkin tambah lagi pekerjanya, ” terang Ikuten. 

Saat ini,  STA Grup yang merupakan perusahaan induk PT KAS sudah memiliki enam pabrik.  Dua di antaranya di Palas dan satu di Paluta. 

Tahun 2019, juga akan dibangun di Kabupaten Mandailing Natal. Ternyata,  satu kelebihan pabrik ini,  yakni zero waste atau tidak ada limbah yang terbuang.

“Limbahnya ada yang bisa jadi pupuk, ” pungkas Ikuten.(Supriadi)

Komentar

Jangan Lewatkan