Home / Provinsi Kalimantan Tengah / Petugas Puskesmas Kuala Pembuang Bagikan Obat Kaki Gajah Ke Warga

Petugas Puskesmas Kuala Pembuang Bagikan Obat Kaki Gajah Ke Warga

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng)-Puskesmas Kelurahan Kuala Pembuang Satu, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah, membagikan obat pencegahan kaki gajah (filariaisis) kepada warga berbagai desa dan kelurahan di wilayah tersebut, dengan secara langsung menyambangi warganya, dari rumah ke rumah.

“Untuk pemberantasan penyakit kaki gajah, program eliminasi pencegahanfilariasis perlu dilaksanakan melalui Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) kepada warga,” ujar A. Hairi, salah seorang petugas puskesmas Kuala Pembuang Satu bersama rekannya, kepada Lintas10.com, Jumat (19/10), di Kuala Pembuang, mengatakan disaat mereka sedang secara langsung mendatangi warga rumah ke rumah.

Hairi disaat bertugas bersama kedua temannya, mengatakan, ada tiga cara mencegah penyakit kaki gajah, yakni minum obat pencegah kaki gajah. Kedua menghindari gigitan nyamuk yakni dengan menggunakan kelambu saat tidur dan menggunakan obat nyamuk.

Antisipasi lain pencegahan penyakit kaki gajah, Rewang mengatakan adalah menutup ventilasi rumah dengan kasa serta memberantas nyamuk dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Program minum obat pencegahan penyakit kaki gajah untuk membebaskan Seruyan dari penyakit filariasis 2020,” ujarnya mereka.

Mereka mengatakan stok obat di puskesmas sangat tersedia sebab program ini berlangsung secara nasional. Dan untuk obat yang diberikan berbeda-beda sesuai kriteria umur. Mulai usia dua hingga lima tahun, lima hingga 14 tahun dan 14 sampai 70 tahun.

“Kita melakukan minum obat bersama sebagai bentuk pencegahan penyakit kaki gajah,” himbau mereka.

Pemberian obat pencegahan penyakit filarisasis juga dilakukan serentak di semua elemen masyarakat Kabupaten Seruyan. (Fathul Ridhoni)


Baca Juga

IKOBA Kotawaringin Barat Lesehan Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Kotawaringin Barat, Lintas10.com- Dalam menyikapi operasi zebra yang saat ini dilaksanakan secara nasional sedang dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.