Pentingnya Pencegahan Dini, Desa Sei Glugur Rimbun Adakan Penyuluhan Hipertensi bagi Lansia

Deliserdang867 kali dibaca

Lintas10.com, Pancur Batu – Puluhan warga Lansia maupun Pralansia dari Dusun l dan Dusun ll di Desa Sei Glugur Rimbun, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang mengadakan penyuluhan kesehatan bertempat di Aula Kantor Desa Sei Glugur Rimbun, pada hari Kamis (12/01/2023).

Penyuluhan ini dilaksanakan merupakan bagian dari kepedulian terhadap kesehatan warga yang sudah usia lanjut.

Kepala Desa Sei Glugur Rimbun, Jumino menuturkan acara Posyandu untuk Lansia diadakan sebulan sekali ditiap – tiap dusun secara bergantian.

” Untuk saat ini Dusun l dan ll diadakan di Balai Desa, mungkin kedepan akan diadakan di dusun yang lainnya secara bergantian ” tandasnya.

Amatan wartawan dilokasi sejumlah para Lansia sedang mendengar penyuluhan kesehatan yang dipandu oleh Dr. Herawati Lubis. Ia menyarankan agar para Lansia menjaga kesehatan secara keseluruhan agar di usia lanjut dapat terhindar dari penyakit.

 

 

” Ibu – ibu baiknya dilakukan pengecekan tensi tiap bulannya. Karena normalnya Hipertensi dikisaran 120/80. Jika sudah diatas dari itu maka perlu diwaspadai dapat mempengaruhi stroke dan serangan jantung ” terangnya.

Tambahnya, makanan berminyak dan bersantan agar dikurangi, karena penanganan pengobatan itu harus sejalan. Jangan dimakan obat ternyata pola makan tidak diatur, pola tidur tidak teratur ucap Dr. Herawati dihadapan para Lansia.

Kegiatan penyuluhan ini bekerjasama antara Posyandu Lansia dan Pos Bindu Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Gunung Tinggi.

Kordinator dari Desa Sei Glugur Rimbun Ny Isnaini Lina Safitri beserta anggota Posyandu lainnya. Sementara dari Puskesmas Gunung Tinggi dihadiri oleh Dr Herawati Lubis, Helnita Tampubolon, Kristina Surbakti dan lainnya.

Baca Juga:  Miris! Warga Tinggal Digubuk Reyot di Deliserdang "Menangis" Tagihan Listrik Membengkak, Begini Kronologinya !

Komentar