Mendikbud Buka Kemah Budaya Nasional 2015 di Siak

SIAK (Lintas10) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan membuka acara Kemah Budaya Nasional RI 2015 di Kabupaten Siak, di Lapangan Tuguh depan Istana Siak, Kamis (4/6/2015).

Hadir Dr Adhyaksa Dault MSi, (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Siak Drs Syamsuar, Wakil Bupati Drs Alfedri MSi.MH, Azali Djohan Kwarda 04 Riau, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Siak, guru se-Riau serta turut dimeriahkan oleh tetangga Malaysia.

Dengan tema Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan “Harmoni di Tanah Melayu Menuju Indonesia Unggul dan Berkarater Tahun 2045”.

Mendikbud RI Anies Baswedan mengatakan kegiatan Kemah Budaya Nasional RI 2015 tersebut sangat penting dilaksanakan melalui pramuka dan dunia pendidikan sangat erat kaitannya.

“Kemah budaya nasional ini memang penting, karena kita ingin mendorong anak-anak generasi baru untuk memiliki kesempatan belajar karakter lewat pramuka,” kata Anies.

Lanjutnya, pramuka sangat menarik untuk diikuti. Melalui pramuka para pelajar tentunya dapat belajar untuk mengembangkan kecakapan yang ada didirinya.

Pramuka merupakan pelajaran dalam mengembangkan karakter moral dan karakter kinerja. Yakni, jika moral berarti seperti ketulusan, kejujuran. Sementara karakter kinerja seperti ulet, rajin serta tak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan.

“Melalui pramuka setiap anak menjadikan pilihan untuk mengembangkan karakternya. Jadi seharusnya dunia pendidikan juga seperti itu, pendidikan juga pilihan, makanya anak pintar tidak mesti harus matematika atau fisiknya bagus. Tetapi pada pengembangan potensinya,” ucapnya.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan dengan pramuka ini merupakan pelajaran dalam mengembangkan karakter moral dan karakter kinerja. Yakni, jika moral berarti seperti ketulusan, kejujuran. Sementara karakter kinerja seperti ulet, rajin serta tak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan.

Baca Juga:  Danrem kunjungan kerja ke Makodim 0212/TS

Komentar