oleh

Kapolres bersama Plh Bupati Labusel Launcing Kampung Tangguh dan Berikan Bantuan

-Top Ten-222 views

Kota Pinang, lintas10.com- Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan Sik, MH didampingi Kapolsekta Kotapinang AKP Bambang G Hutabarat SH,MH bersama PLH Bupati Labuhanbatu Selatan Drs.Ahmad Fuad MM launcing Kampung Tangguh di Kecamatan Kotapinang tepat di Desa Persiapan Sidodadi Blok empat puluh, Kecamatan Kotapinang Rabu (03/03/2021).

Sebelum menuju lokasih Acara Kampung Tangguh (AKT) Kapolres dan PLH Bupati Labusel samperi pengerajin tempe maklena, Kopolres asik melihat-lihat pembuatan pengerajin tempe, ibu Kapolres langsung memesan tempe untuk dijadikan lauk makan, sambil berkata.

“ini, sambil menunjukan bungkusan tempe adalah makanan favorit bapak,” kata Ketua bayangkari sambil tersenyum.

Seterusnya mereka mengunjungi peternak lembu pak Suroso (40), Kapolres berserta rombongan melihat langsung ternak di dalam kandang dan sekaligus pembuatan pupuk kompos bahan utama kotoran ternak tersebut.

Kapolres kagum melihat keuletan pak Suroso sebagai perternak lembu semua perkarangan dijadikan lahan untuk menambah penghasilannya.

“Dibelakang ternak lembu dan pembuatan kompos dari kotorannya, didepan ternak madu, saya salut dengan keuletan ketua kelompok tani,” imbuhnya. 

Kapolres bersama PLH Bupati beserta rombongan juga tebar benih ikan dikolam kelompok tani Siaga Karya (SK) yang diketuai Erik Estrada (suami Ayu Syahfitri anggota DPRD) untuk pembesaran

“Saya bersama rombongan tebar benih ikan nila, lele, patin dan insyah Allah awal dari kesuksesan kelompok tani,” katanya.

Dari ke tiga kunjungan paling terkesan walaupun Labusel zona hijau untuk Covid-19 di tingkat Desa sudah mempunyai ruang karantina untuk pasien Covid.

“Saya salut setingkat Desa sudah ada antisipasi karantina yang cukup diacungkan jempol,” katanya.

Secara sukarela Kapolres bersama PLH Bupati Labusel membagikan sembako dari Kapolri kepada puluhan warga Desa yang terkena dampak keganasan virus Covid-19.

Baca Juga:  DBH Turun Anggaran SKPD Pemkab Rokan Hilir Dipangkas

Salah satu warga Bono (80) warga sijambu saat dikompirmasi media, sangat berterimakasih kepada KAPOLRI melalui Kapolres Dedi Kurniawan SIK, MH, yang telah membagikan sembako kepada mereka.

“Insyah Allah semua ini akan dibalas Tuhan yang maha esa,” katanya sambil meninting dua karung beras berat sepuluh kilo dan dua saset minyak makan berat satu kilo.

Ditempat acara PLH Drs Ahmad Fuad juga menjelaskan kampung tangguh ini adalah prakarsa dari kepolisian yang dipimpin AKBP Dedi Kurniawan Sik, MH dan dijalankan oleh Kapolsekta Kotapinang AKP Bambang G Hutabarat SH, MH bersama personil bhabinkamtibmas.

“Kita sebagai PLH Bupati sangat berterimaksih karena kalau tidak ada mereka sebagai pengayom masyarakat entah jadi apa warga dan khususnya anak-anak bangsa,” sebutnya.

“Mereka langsung membina warga dan anak-anak di Desa/Dusun sampai-sampai disetiap Desa mereka menempatkan satu personil”

Tokoh masyarakat Jasuki (54) kampung tangguh ini berawal dari kunjungan Kapolsekta yang melihat keakrapan warga yang dominan suku jawa.

“Memang di Desa persiapan ini kami sering dibagikan dari intansi terkait bibit terong, cabe, semangka dan lain-lain, tapi kami sangat menyayangkan setelah pembagian bibit tidak ada pembinaan bagi kami sebagai petani,” katanya.

“Pembagian bibit tanaman selalu kami dapatkan namun pembinaan tidak berkelanjutan,” katanya.

Sontak Kepala Dinas pertanian Azaman Parapat melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dani menyangkal perkataan Jasuki.

“Pembinaan terus kami laksanakan/lakukan bagi petani yang mendapat bantuan dari Dinas,” katanya.

“Gimana kami mau melakukan pembinanan karena bapak tersebut bukalah anggota kelompok tani kami makanya beliau tidak memahami dan tidak mengetahui trik kunjungan kami sebagai PPL,” sebutnya.

Dijelaskannya, di Desa Sisumut ada dua puluh kelompok tani yang beranggotakan lebih kurang dua puluh orang dalam satu kelompok, petugas selalu kunjungan kekelompok namun kalau memang kelompok taninya perlu sekali siap dihubungi, agar segera datang sebagai PPL untuk melakukan pembinanan.

Baca Juga:  Insan PERS Kabupaten Kampar Gelar Acara Halal Bihalal

Adapun bantuan bibit ikan yang ditebar bibit ikan nila sebanyak dua ribu, bibit ikan lele seribu lima ratus, bibit ikan patin seribu bibit serta bibit cabe tiga puluh bungkus, bibit terong tiga puluh bungkus, bibit semangka lima belas bungkus, bibit jahe merah, katanya

AKP Bambang G Hutabarat SH,MH disela-sela kegiatan menjelaskan pada media ada lima kampung tangguh di Kecamatan Kotapinang antara lain Kelurahan Kotapinang, Desa Hadundung, Desa Mampang, Desa Pasir Tuntung dan Desa Sisumut tepatnya Desa Persiapan  Sidodadi blok empat puluh yang louncing perdananya. 

Hadir dalam acara Kapolres AKBP Dedi Kurniawan SIK, MH, PLH Bupati Drs Ahmad Fuad MM, Dandim diwakili Koramil Kotapinang Mayor Infanteri Thamrin Hasibuan beserta OPD Kadis Pertanian Azaman Parapat, Kaban Pemdes Zulkarnaen Siregar, Plt Kadiskes dr Faisal Hanafi Harahap, Sekjen Pertenakan Perkebunan Nixson, Camat Kotapinang Ali Mukti, Plt Desa Sisumut Ibu Indrawati Nasution SE didamping Kades Persiapan Blok Empat Puluh Bapak Wagianto Tomas dan Toga. (Candra Siregar)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan