oleh

Jembatan Soekarno Hatta Ikon Seruyan Gelap Gulita

Last Updated: 07 Mar 2019

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Lampu penerangan di Jembatan Soekarno Hatta di Ibu Kota Kabupaten Seruyan Kuala Pembuang pada dengan padam. Lampu tersebut pada padam entah karena apa dan tidak ada perbaikannya.

Dari pantauan Lintas10.com pada dilokasi, Selasa malam (5/3/2019) jembatan Soekarbo Hatta ikon wisata  kebanggaan warga Seruyan tersebut terlihat gelap tanpa hidup lampu penerangannya. Lampu itu juga tidak diketahui kapan mulai padamnya, hingga menyebabkan jembatan penghubung antara dua Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Seruyan, yakni Kecamatan Seruyan Hilir (Kuala Pembuang) dan Kecamatan Seruyan Hilir Timur (Pematang Panjang) atau jembatan penghubung antara Ibu Kota Kabupaten Seruyan, Kuala Pembuang menuju ke Kota Sampit (Kabupaten Kotawaringin Timur), sebaliknya atau mau menuju memasuki ke Ibu Kota Kabupaten Seruyan, Kuala Pembuang, yang kini rawan saat dilalui.

“Entah blberapa lamakah sudah lampu penerangannya pada mati. Biasanya jembatan ini terlihat indah dan menarik dengan lampu warna-warni itu, yang menyala di malam hari. Hanya beberapa buah lampu tenaga surya berwarna kuning saja yang pada dengan hidup. Jadi rawan untuk dilalui para pejalan kaki yang melewati jembatan, maupun juga bagi pengendara. Padahal itu ikon wisata Seruyan,” ujar le, pembeli barang rongsokan disaat melintasi jembatan tersebut, kepada Lintas10.com, Selasa (5/3/2019).

Banyak lampu penerangan yang tidak menyala saat ini. Lampu itu merupakan lampu besar yang menyoroti Menara Soekarno Hatta dan lampu penerangan jalan dijembatannya.

“Jembatan ini kan juga merupakan tempat penyeberangan warga, yaitu antara warga Kota Kuala Pembuang dan warga seberang Kota, Pematang Panjang dan wilayah lainnya. Jadi jembatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun sangat disayangkan jembatan ini sekarang gelap, hampir tanpa ada penerangannya,” katanya.

Padahal sebelumnya jembatan ini terang pada di malam harinya. Ko..sekarang pada tidak. Dan Kondisi disalah satu tiang lampu penerangannyapun dipenuhi oleh tumbuhan liar. Yang dimana hingga sampai pada menutupi tiang lampu tersebut. Sedangkan jembatan ini merupakan ikon wisata di Seruyan.

Sementara itu, warga Seruyan lainnya, Muhamad, terpisah, mengatakan, dimana seharusnya pihak terkait agar untuk segera memperbaikinya, Apalagi gelapnya sudah sudah sering terjadi, ditambah lagi dengan salah satu lampu penerangannya yang sampai dengan ditumbuhi oleh tanaman liar, seolah-olah terkesan tidak terawat pada dibiarkan begitu saja, sungguh sangat disayangkan. Apakah memang tidak ada anggaran untuk pemeliharaannya, sehingga seperti itu. Dan apakah lampu pada jembatan Soekarno Hatta tersebut tidak termasuk dari lampu penerangan jalan umum (PJU) ?….Kalau ia, kan anggaran sudah jelas ada dari pajak penerangan jalan (PPJ) yang dibayarkan oleh setiap kali warga disaat membeli pulsa listriknya, yang dimana dengan dipotong secara langsung. Lalu dikemanakan dan buat apakah pajak penerangan jalan (PPJ) tersebut dipergunakannya selama ini?….. Adakah laporan pertanggungjawabannya yang jelas dan realnya?…. (Fathul Ridhoni)

Komentar

Jangan Lewatkan