oleh

Dinas Perdagangan Kota Padangsidimpuan Salurkan Bantuan Covid-19 Satu Tahap dari Tahap IV

Padangsidimpuan, lintas10.com – Bantuan paket sembako dalam rangka penanggulangan dampak wabah Covid-19 melalui Dinas Perdagangan kota Padangsidimpuan tahun anggaran 2020 batal disalurkan hingga ke tahap IV.

Padahal pengadaan barang paket sembako tersebut sudah di online kan melalui sistem publikasi “Rencana Umum Pengadaan” (RUP barang dan jasa Dinas Perdagangan yang angkanya hinga sampai ketahap IV senilai Rp.17.466.466.020,- yang tiap pertahapnya sebesar Rp.4.366.616.505,-

Namun hal tersebut hanya terealisasi dan tersalur kepada masyarakat hanya pada tahap I (pertama) saja di bulan April dan anggaran yang dihabiskan pun sebesar Rp. 3.931.700.954,-

“Dinamika saat itu juga tidak efektif untuk dilaksanakan bantuan paket sembako, kalau di pengadaannya kita data empat dibagilah, enam belas, tujuh belas segitulah. Misalnya empat dikali empat kan enam belas sekian, tapi dia totalnya tujuh belas ya..?, sebenarnya yang kita apakan cuma tahap satu doang, untuk 2,3, dan 4 tidak ada, melihat dinamika situasional pada saat itu,” Ungkap Gustomi Hamonangan Siregar yang menjabat selaku kepala bidang koperasi, Rabu (8/9/2021) ketika ditemui diruang kerjanya.

Masih lanjut Gustomi, tidak efektifnya penyaluran paket sembako tersebut lantaran ada hal yang lebih urgent (mendesak) dalam melakukan penangan dampak Covid-19 tersebut.

Gustomi pun tidak menyebutkan hal urgent apa yang membuat dana paket sembako tahap 2,3, dan 4 tidak disalurkan sehingga dananya pun di kembalikan ke gugus tugas Covid-19 kota padangsidimpuan.

“Kan begini ketika kita terjadi dalam hal situasional penanganan bencanalah dulu saya bilang, kalau lah memang dia telah ditangani setelah bencana, apa lagi dampak sosial yang perlu kita perbaikai..?, di evaluasi lah ini sehingga saat diputuskan bahwasannya kurang efektif untuk penyaluran tahap ke dua sehingga dialihkan dananya itu semua dikembalikan dan anggaran yang tiga itu (2,3 dan 4) saya tidak tahu kemana perginya, bukan gawe kita lagi,” terang Gustomi.

Baca Juga:  62 WBP Rutan kelas II Terima Remisi Lebaran

Bantuan paket sembilan bahan pokok dari Dinas Perdagangan untuk warga terdampak Covid-19 berisi 4 jenis barang. Di antaranya adalah beras, mi instan, telur dan minyak goreng kemasan.

Paket sembako bantuan pemerintah itu pun nilainya sebesar Rp.232.500,- per paket dengan jumlah paketnya yang full paket (lengkap isi paket) sejumlah 16.107 dan untuk yang tidak full paket (telur tidak ada) sejumlah 1.000 paket.

Adapun rincian dari harga isi paket tersebut diantaranya:
1. Beras 8 Kg @Rp.10.500,-/kg
2. Mie Instant merek ekomi Rp. 37.000,-
3. Telur 2 papan @Rp. 13.000,-/papan
4. Minyak Kemasan 2 liter @Rp.42.750,-/liter
(Mahmud Nasution)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Jangan Lewatkan