oleh

Bahayakan Pengguna Jalan Warga Minta Dishub Tertibkan Truk Ngetam Di Badan Jalintim

Pelalawan-Warga Ibukota Pangkalan Kerinci meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan serta Polisi Lalulintas (Polantas) Polres Pelalawan dapat segera menertibkan truk yang parkir dibadan dan bahu jalan Lintas Timur tepatnya menuju Rumah Sakit (RS) Efarina Pangkalan Kerinci.

Pasalnya, truk yang ngetam di jalur pada aktivitas kendaraan ini, sangat membahayakan para pengguna jalan khususnya para pengendara sepeda motor.

” Ya, kita minta agar Dishub dan juga Satlantas Polres Pelalawan dapat segera truk yang ngetam di Jalintim tepatnya mulai dari Pos I PT RAPP hingga ke RS Efarina. Ini jelas sangat meresahkan warga. Karena tidak hanya di bahu jalan, tapi badan jalan pun dijadikan tempat parkir mereka,” terang salah seorang pengendara sepeda motor Panca pada media ini di Pangkalan Kerinci Rabu (12/2).

Dikatakannya, bahwa kondisi ini, bukan saja mengganggu, tapi sudah mengancam keselamatan warga yang menggunakan Jalan Lintas Timur ini untuk beraktivitas sehari-hari.

” Apalagi kita tahu, di lokasi ini sudah sangat sering terjadi kecelakaan yang merenggut korban nyawa. Salah satu penyebabnya yang keberadaan kendaraan berbadan besar ini yang parkir sembarangan dibadan dan bahu Jalantim. Jadi, kita minta agar Dishub dan juga Satlantas dapat segera menertibkan truk tersebut,” katanya .

Ditempat terpisah, Wakil Ketua Komisi II DPRD Pelalawan Carles SOs mengatakan, bahwa pihaknya menilai selama ini penertiban yang dilakukan oleh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas yang tergabung dalam Forum LLAJ Pelalawan, masih belum memberikan efek jera kepada para sopir truk atau kendaraan yang asal-asalan memarkirkan kendaraannya di bahu dan badan jalan Lintas Timur khususnya di kota Pangkalan Kerinci. Padahal dalam aturan sudah sangat jelas bahwa setiap pengendara kendaraan tidak diperbolehkan memarkir kendaraannya hingga memakan badan dan bahu jalan. Hal ini di atur oleh pemerintah agar menghindari terjadinya kecelakaan maupun hal lainnya.

Baca Juga:  Polsek Tampan Bekuk Dua Pelaku Utama Pencurian Mobil di Showroom

” Jadi, banyak kejadian dan banyak contoh, tidak hanya kecelakaan yang perlu kita khawatirkan, akan tetapi beban jalan. Karena parkir terlalu lama di bahu jalan dapat menyebabkan runtuhnya pondasi pinggir bawah jalan itu sendiri, sehingga aspal mudah rusak akibatnya. Untuk itu, kita minta agar Dishub dapat segera menertibkan truk parkir di bahu dan juga badan Jalintim ini. Berbahaya kalau tidak di tindak tegas karena mereka nantinya sembarangan parkir dan merusak jalan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Pelalawan Drs Syafruddin MSi menagatakan, bahwa pihaknya akan segera menurunkan personil untuk menertibkan truk yang parkir dibahu dan badan Jalan Lintas Timur ini. Dan kedepan, pihakanya tentunya akan meningkatkan pengawasan melalui operasi penertiban kendaraan yang ngetam dibahu dan badan jalan. Khususnya di Jalan Lintas Timur yang tentunya akan diberikan sanksi tegas.(Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan