oleh

Tes samapta syarat UKP anggota Kodim 0505/Jakarta Timur

Last Updated: 19 Jun 2019

Jakarta Timur, LINTAS10.COM – Kodim 0505/Jakarta Timur dipimpin Pasi Pers Kapten Arm Matrawi melaksanakan tes kesegaran jasmani yang dikuti sebanyak 40 personil Bintara dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) 1 Oktober 2019 di lapangan Yonif Mekanis 202/Tajimalela, Bekasi, Selasa (18/06/2019).

Dalam pelaksanaan Kesegaran Jasmani diawasi langsung oleh Pasi Pers Korem 051/Wkt, Mayor Inf Djamal Agung yang juga memberikan penekanan kepada peserta Kesegaran Jasmani. Sebelum pelaksanaan tes Kesegaran Jasmani seluruh peserta harus melaksanakan tensi untuk mengetahui kesehatan dan layak tidaknya peserta ikut Samapta UKP.

Pelaksanaan tensi ini dilaksanakan agar peserta UKP dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan kondisi fisik dan kesehatan personil yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, sebab kondisi fisik sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Maka sebelum melaksanakan tes perlu dan diharuskan untuk mengecek kesehatan oleh para petugas kesehatan dari Kesdam Jaya agar dalam pelaksanaan tidak terjadi kecelakaan pusing atau terjatuh pada saat pelaksanaan lari Samapta A atau Samapta B.

Terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani tersebut adalah Samapta A yaitu lari dengan waktu 12 menit dinilai berdasarkan dengan kategori umur yang telah ditetapkan serta Samapta B yang merupakan Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit dan Shuttle Run lari angka delapan sebanyak 3 putaran secepat-cepatnya dinilai berdasarkan banyaknya jumlah pelaksanaan sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan.

Tata cara penilaian agar para peserta dapat mengetahui berapa nilai yang telah diperoleh dengan kekuatan jasmani yang dimiliki. Untuk menentukan jumlah nilai Samapta B adalah jumlah seluruh nilai dari samapta B lalu di bagi 4. Hasil kesegaran A dan hasil kesegaran B di jumlah lalu di bagi 2.

Dan nantinya akan ditambahkan dengan nilai renang militer yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 di Kolam renang Yonif Mekanis 202/Tajimalela.

Sumber: Pendim JT

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan