oleh

Rakor Penyelesaian Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu Tahun 2019

Last Updated: 12 Des 2018

Tindaklanjuti Hasil Temuan Data Ganda, Bawaslu Apresiasi Kinerja KPU Kampar

BANGKINANG KOTA ,LINTAS10.COM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar memberikan apresiasi atas kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar yang telah menindaklanjuti hasil temuan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) – 2 dengan menghapus data ganda dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) pada Pemilu tahun 2019.

Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah melalui Pimpinan Edwar saat Rapat Koordinasi Penyelesaian Penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu Tahun 2019 pada hari Sabtu (08/12/2018) siang hingga sore, kemarin bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Kampar, Jalan Tuanku Tambusai, Kelurahan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar.

“Terima kasih dan apresiasi kami dari Bawaslu Kabupaten Kampar atas kinerja teman-teman di KPU yang telah menindaklanjuti hasil temuan data ganda pada DPTHP-2. Apresiasi ini juga kami sampaikan kepada pimpinan Bawaslu Provinsi Riau,” ujar Edwar.

Menurut Edwar, bahwa dari pencermatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Kampar pada data DPTHP-2 yakni ditemukan data ganda berjumlah 42 orang. Hasil itu langsung disampaikan ke KPU dan ditindaklanjuti dengan menghapus data ganda pada Sidalih oleh KPU Kampar.

Sementara itu, Pimpinan lainnya Marhaliman yang juga Koordinator Bidang Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Kampar menanggapi terkait pencermatan data ganda dalam dan luar negeri supaya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar hak pilih mereka tetap diakomodir pada Pemilu 2019.

“Saran kami dari Bawaslu Kabupaten Kampar untuk pencermatan data ganda luar negeri agar dibuat surat pernyataan oleh pihak keluarga bahwa memang benar yang bersangkutan sedang berada di luar negeri. Dan terakhir pesan kami tidak ada lagi permasalahan pada saat dilaksanakan rapat pleno DPTHP-2 tingkat Kabupaten Kampar,” tegas Liman yang juga mantan Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Kampar.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kampar juga menyinggung data pemilih di Lapas, penambahan TPS dengan mempermudah jarak pemilih dengan TPS. Begitu juga dalam mengakomodir pemilih potensial bahkan disabilitas pada Pemilu Tahun 2019.(has)

Komentar

Jangan Lewatkan