oleh

Peringati HJK ke-73 tahun 2018, Kodim 0206/Dairi gelar aneka kegiatan

Last Updated: 14 Des 2018

Dairi, Lintas10.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0206/Dairi melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka memeringati Hari Juang Kartika (HJK) ke – 73 tahun 2018 dengan Tema
“TNI-AD MENGABDI dan MEMBANGUN BERSAMA RAKYAT” yang digelar di Makodim 0206/DR Jalan Sisingamangaraja No.127, Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jum’at (14/12/2018).

Beberapa kegiatan dalam menyambut HJK diantaranya karya bhakti pembersihan rumah ibadah atau gereja dan pembuatan jembatan di Desa Lae Itam, Kecamatan Sinehi, Kabupaten Dairi, Pasar murah, Donor Darah, dan pemberian sembako kepada Warakawuri dan Pondok Pesantren Sidiangkat.

Kegiatan diikuti oleh personil Perwira, Bintara, dan Tamtama Kodim 0206/DR, personel Kompi B,C Yonif 125/SMB, personel Sub Denpom 1/4 Dairi, personel Polres Dairi, Dinas Pasar Sidikalang, Ibu-ibu Persit KCK Cab XLII, Ibu-ibu Persit Kompi B, C Yonif 125/SMB, OKP PPM dan FKPPI, Pesantren Sidiangkat, dan masyarakat Dairi dan Pakpak Bharat yang dihadiri sekitar 1.500 orang.

Dalam sambutannya, Dandim 0206/DR Letkol Arh Hadi Purwanto menyampaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan ridho-Nya sehingga kita dapat mengikuti beberapa kegiatan dalam rangka memeringati Hari Jadi Angkatan Darat tahun 2018 yang dikenal dengan Hari Juang Kartika dalam keadaan sehat wa’afiat.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, bahwa Palagan Ambarawa merupakan cermin dan refleksi suara hati nurani rakyat terhadap kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang ingin tetap merdeka, berdaulat, dan terbebas dari belenggu penjajah.

“Peristiwa itu mengandung nilai-nilai heroisme dan kebersamaan antara TNI dan Rakyat yang menciptakan kekuatan ampuh, yang tidak dapat disetarakan dengan kekuatan senjata modern sekalipun,” kata Dandim.

Dandim mengatakan, bahwa semangat juang, keuletan, keberanian dan disiplin yang ditunjukkan Panglima Besar Jendral Soedirman serta seluruh pejuang saat itu harus tetap dipelihara sebaik-baiknya seiring dengan perkembangan di era demokratisasi dan keterbukaan saat ini.

“Kemanunggalan TNI – Rakyat harus senantiasa dibangun dan ditingkatkan karena sejarah mencatat bahwa masalah bangsa ini dapat diselesaikan dengan semangat kebersamaan TNI dan seluruh komponen bangsa,” kata Dandim.

Oleh karena itu, kata Letkol Arh Hadi Purwanto keberadaan Angkatan Darat khususnya Kodim 0206/Dairi, Batalyon 125/SMB, beserta dinas jajaran hendaknya mampu menjadi kebanggaan bagi masyarakat sekitarnya, mampu mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan Negara Indonesia serta menjamin keamanan rakyat sebagaimana amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Diakhir amanatnya, Dandim mengucapkan, terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh komponen masyarakat se-Kecamatan Sidikalang yang ikut terlibat dalam kegiatan ini, semoga kegiatan karya bhakti, donor darah, dan bhakti sosial lainnya dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kecamatan Sidikalang.
“DIRGAHAYU TNI ANGKATAN DARAT…,” tutup nya.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Kasdim 0206/ DR Mayor Inf Danial Pandia, Kompol T. Mataniari, Wakapolres Dairi, Kompol Drs. Efendi Sinaga, Kabag Ren Polres Dairi), AKP Robinson Ginting, Kasat Narkoba Polres Dairi, AKP Misrianto S.Sos, Kasat Intelkam Polres Dairi, Tagor Napitupulu, Ketua PPM Dairi, Ustadz Abduh, Pengasuh Pesantren Sidiangkat.

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan