Home / Politik / Fraksi HANURA Nasional Soroti Indikator Persentase Fakir Miskin Dan Forum CSR

Fraksi HANURA Nasional Soroti Indikator Persentase Fakir Miskin Dan Forum CSR

SIAK, lintas10.com- Pandangan Umum Fraksi HANURA Nasional terhadap laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Siak tahun 2017 yang dibacakan juru bicaranya H.Hasmar pada rapat paripurna 18 April 2018 yang lalu.

Secara umum pandangan Fraksi HANURA Nasional disampaikan dengan perdoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan, dalam memberikan penilaian terhadap LKPJ 2017, Oleh sebab secara umum melakukan kajian terhadap indikator dan target kinerja yang telah ditetapkan dimana hal tersebut mengacu kepada dokumen perencanaan RPJMD Kabupaten Siak yang telah ditetapkan dan RKPD Kabupaten Siak 2017.

“Berdasarkan uraian singkat diatas Fraksi HANURA Nasional berpendapat Realisasi belanja daerah tahun 2017 cukup baik sebesar 90,7 persen jauh lebih baik dibandingkan Realisasi tahun 2016 sebesar 81,89 persen saja, untuk itu kami mengharapkan supaya Realisasi Belanja daerah ini bisa ditingkatkan lagi untuk mengefektifkan pemanfaatan anggaran yang ada . Apalagi dengan transfer anggaran dari pusat semakin berkurang ke Daerah, menuntut daerah untuk lebih keras bekerja didalam menyerap anggaran sehingga mempengaruhi penilaian untuk menambah atau mengurangi transfer dana pusat ke daerah,” ujar Hasmar.

Lanjut Hasmar, Capaian kinerja urusan sosial Kabupaten Siak tahun 2017 terdapat 5 indikator ukur dan hanya 1 indikator saja yang mengalami kinerja yang buruk yaitu indikator persentase fakir miskin yang menerima pemberdayaan usaha ekonomi produktif yang berada pada capaian Realisasi 19,25 persen. Selanjutnya 4 indikator lainnya mempunyai kinerja 100 persen.

“Namun demikian, kinerja yang dilaporkan seakan semu tanpa ada penilaian yang kongkrit dari out come hasil kerja yang nyata, sebagai gambaran dapat dilihat pada indikator persentase keluarga sangat miskin yang menerima pemenuhan kebutuhan dasar mempunyai nilai kinerja 100 persen tetapi kita tidak tau berapa banyak keluarga sangat miskin yang menerima pemenuhan kebutuhan dasar dan ini terjadi pada semua indikator kinerja sosial Kabupaten Siak, mohon tanggapannya,” ungkap Hasmar.

Dikatakan wakil rakyat dari pemilihan daerah Siak dua ini, berkaitan dengan kerjasama daerah dengan pihak ketiga, sangat diapresiasi usaha pemerintah dalam merencanakan dan merealisasikan kerjasama tersebut khusus pada urusan kesehatan.

“Namun tidak terdapat satupun kerjasama yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang ada pada wilayah Kabupaten Siak.seharusnya dengan terbentuk forum CSR yang ada pada Kabupaten Siak Pemerintah dapat mensinergikan program dan kegiatan kepada perusahaan yang beraktifitas diwilayah Kabupaten Siak, mohon tangapannya,” kata Hasmar.

Untuk capaian kinerja lanjut Hasmar pada urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Siak tahun 2017 mempunyai nilai rata-rata 111,11 persen.

“Namun dalam penilai indikator meningkatnya perlindungan khusus anak mempunyai kinerja hingga 200 persen tanpa informasi jelas mengenai capaian yang nyata terhadap hasil dari kinerja indikator tersebut, mohon tanggapannya?,” sebut Hasmar mengakhiri.

Rapat Paripurna itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Sutarno SH, OPD, dan forum komunikasi pimpinan daerah, serta sebanyak 21 anggota DPRD. (Sht)


Baca Juga

Tarmijan : Kabupaten Siak Di Usia ke-19 Pembangunan Semua Sektor Lebih Ditingkatkan Lagi

SIAK, lintas10.com- Beragam komentar yang di ungkapkan menyambut hari jadi Kabupaten Siak yang ke-19 diantaranya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.