Home / Pekanbaru / Batal Kemenpora Buka PORNAS, Gubri Buka Secara Resmi

Batal Kemenpora Buka PORNAS, Gubri Buka Secara Resmi

PEKANBARU, lintas10.com-Pembukaan Pornas SOIna Jumat ,20/7/2018 ,pukul 7 malam di Stadion Rumbai Sports Center, Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru. Upacara ini sempat tertunda karena informasi kedatangan dari Menpora Imam Naharwi ,dari hari sebelum nya .
Upacara di buka langsung oleh Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A . di hadiri PP Soina dan perwakilan dari staf kemenpora ,Jamil ,ketua panitia SOIna.
Hj. Iwa Sirwani Bibra ,S.Sos.

dalam pidato nya Gubernur Riau sempat menyampaikan, kepada anak- anak yg datang tetap semangat mengikuti acara ,walaupun hujan. “Kita harapkan bisa mengulang prestasi 4 tahun lalu ketika Pornas VII SOIna 2014 di Makasar. Kita juara umum maka diprioritaskan menjadi tuan rumah,”
semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan para kontingen dapat mengukir prestasi nya” sambil menyemangati Ratusan Para Atlet Disabilitas, (disability) Yg ikut hadir.

Provinsi Riau menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah dari PORNAS VIII SOIna 2018 dan akan memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada di Provinsi Riau untuk mendukung penyelenggaraan PORNAS VIII SOIna Riau 2018.

Upacara Pembukaan Pornas Ke-8 SOIna 2018, berlangsung meriah dengan ditutup Penyulutan Api Obor SOIna dan pesta kembang api, Sekaligus merayakan Ulang tahun Soina ke 50, meski sempat diguyur hujan deras ,penampilan tarian budaya dari Lima Sanggar Budaya Melayu Riau, namun acara tetap berlangsung Meriah.

Dari pantauan wartawan di lapangan, ada 13 Provinsi absen mengikuti Pekan Olahraga Nasional Ke-8 SOIna Tahun 2018 (PORNAS VIII SOIna Riau 2018) karena tidak mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah sehingga tidak bisa berkontribusi dalam ajang kompetisi olahraga disabilitas intelektual tingkat nasional 4 tahunan ini. 13 Provinsi yang dimaksud yaitu Nangroe Aceh Darussalam, Kepulauan Riau, Bengkulu, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sesuai dengan rencana agenda, PORNAS VIII SOIna 2018 akan berlangsung pada tanggal 19-23 Juli 2018 . Provinsi Riau dipercaya sebagai tuan rumah dengan fasilitas dan keramah tamahannya siap menerima atlet-atlet Disabilitas Intelektual SOIna yang berasal dari 21 Provinsi. Kompetisi ini mempertandingkan 12 cabang olahraga, yaitu Atletik, Renang, Senam Ritmik, Bola Basket, Bocce, Bowling, Bulu Tangkis, Futsal, Bola Tangan, Sepakbola, Tenis Meja, dan Bola Voli.

Iwa menambahkan, sangat di sayangkan dari 13 Provinsi yg tidak bisa ikut dalam iven bergengsi ini, padahal itu sudah menjadi Hak anak-anak dan bagian dari kesiapan daerah juga, sebagaimana yang telah di atur , Undang-Undang No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Bagian Kesebelas Tentang Keolahragaan Pasal 15 poin f yang menyatakan bahwa penyandang disabilitas berhak memperoleh pengarahan, dukungan, bimbingan, pembinaan, dan pengembangan dalam keolahragaan dan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana Urusan Pemerintahan Daerah bagi Penyandang Disabilitas adalah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah.(laporan jhon lintas10)


Baca Juga

POLDA Riau Gelar Apel Pasukan Mantap Brata Muara Takus 2018

PEKANBARU,Lintas10.com-Kepolisian Daerah Riau (Polda) Riau Gelar Apel Pasukan Mantap Brata Muara Takus Di Halaman Kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.