Home / Provinsi Kalimantan Tengah / Tahun Ini, Kemenhub Telah Kucurkan Anggaran Milyaran Untuk Bandara Kuala Pembuang

Tahun Ini, Kemenhub Telah Kucurkan Anggaran Milyaran Untuk Bandara Kuala Pembuang

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Di awal tahun 2018 ini, Milyaran Rupiah Dana Anggaran, dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, telah anggarkan dana dari APBN tahun 2018, guna untuk kegiatan pembangunan yang ada pada Bandar Udara Kuala Pembuang, di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Dari Milyaran anggaran dana tersebut, adalah untuk menunjang kegiatan pembangunan kawasan banda udara kuala pembuang yang ada, dan untuk pembangunan bandara yang berada di ibu kota kuala pembuang, kabupaten seruyan ini, adalah seperti,

1. Kegiatan proyek pada pengawasan dan pengembangan prasarana bandara 1(satu) paket,  Bandar Udara Kuala Pembuang di Kuala Pembuang, dengan Konsultan Pengawas yang dilaksanakan oleh PT. Bennatin Surya Cipta sebagai pemenangnya, pada dana pagu anggaran sebesar Rp. 356.150.000, dari Dana APBN tahun anggaran 2018.

2. Kegiatan proyek pada pekerjaan Review Rencana Induk Bandara 1 (satu) paket, fengan pagu anggaran sebesar Rp. 1, 3 Milyaran rupiah dari Dana APBN tahun anggaran 2018.

3. Kegiatan proyek pada dengan pekerjaan pembuatan Area Parkir Baru 1000 M2, pada dana pagu anggaran sebesar Rp. 1,1 milyar, dari Dana APBN 2018, dengan Pelaksana CV. Suluh Budi.

4. Kegiatan proyek pada Pengadaan dan Pemasangan Pagar Pengaman Batas Bandara Kuala Pembuang 380 M, dengan Lokasi Bandara Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, pada dana pagu anggaran sebesar Rp. 754.330.000,- , dari APBN Tahun 2018, dengan pelaksana CV. Banjar Baru.

5. Kegiatan proyek pada pekerjaan Pelaksanaan Pekerjaan Pemenuhan Standar Runway Strip Existing (Striping dan Timbunan) seluas 84.000 m2. Lokasi pekerjaan pada Kantor UPBU Kuala Pembuang, pada nilai kontrak sebesar Rp. 7. 351.000.000,- (Tujuh Milyar Tiga Ratus Lima Puluh Satu Juta Rupiah), dengan Pelaksana Kegiatan Pekerjaannya PT. Duta Panca Mandiri, Sumber Dana berasalkan dari APBN Dipa Kuala Pembuang Nomor : SP DIPA – 022.05.
2.568636/2018. Dan untuk Tahun Anggaran 2018.

Untuk proses kegiatan proyek pada pembangunan bandar udara kuala pembuang ini, dimana masih dalam tahap awal sedang berlangsungnya pelaksanaan dari pekerjaan, dimana dengan jangka waktu masa pekerjaannya berakhir rata rata pada semua kegiatan tersebut, di bulan November 2018 ini.

Salah Seorang Warga Kabupaten Seruyan, yang juga aktivis anti korupsi, Muhamad, di Kuala Pembuang, Senin (11/6/2018), disaat dikonfirmasi tentang perihalnya tersebut, dimana dengan mengatakan, agar dalam semua proses pada kegiatan dan pekerjaan itu, baik dari awal proses penenderannya, hingga sampai pelaksanaannya, bisa benar benar dilakukan dan dikerjakan dengan secara benar, baik, jujur dan profesional, sesuai dari aturan, ketentuan dan mekanismenya, termasuk juga untuk pada dengan hasilnya nanti.

“Karena kita tahu, dengan hal namanya kegiatan pada pengadaan barang dan jasa tersebut, rentan dan sering terjadinya KKN, apalagi kalau kurang kurang pada pengawasannya, kita berharap agar kepada semua masyarakat seruyan juga ikut pada berperan serta dalam mengawasi semua kegiatan dan pekerjaan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik dari anggaran dana APBN maupun APBDnya. Karena kita semua juga ikut bertanggungjawab akan hal itu, ‘karena dari mana anggaran dana itu, maupun untuk siapa hasilnya’, ya kita ini, semua warga negara,” tegasnya.

Lanjut Muhamad, untuk halnya yang namanya dengan terkait pada penggunaan dari dana APBN dan APBD, maupun juga pihak swastanya, kami terus memantau, dan terus berhubungan dengan pusat, kususnya dengan lembaga lembaga anti korupsi, dan maupun juga terhadap unsur pemerintahnya. Kita sudah siap dengan pelaporannya, terhadap temuan dari apa hasil penelitian kami sudah, termasuk nantinya kepada media untuk publikasinya. (Fathul Ridhoni)


Baca Juga

DPRD LAMANDAU LAKUKAN SIDANG DENGAR PENDAPAT TERKAIT TUNTUTAN MASYARAKAT DESA KINIPAN

Kotawaringin Barat, Lintas10.com-Dalam menerima aspirasi masyarakat Desa Kinipan perihal tuntutan terhadap penjarahan hutan adat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.