oleh

Plt Ketua PWI Kabupaten Siak : 3 Anggota PWI Siak Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW)

Last Updated: 24 Mar 2019

Pekanbaru, lintas10.com- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau melakukan UJI Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-12, peserta yang ikut di dalam tes tersebut sebanyak 34 orang, dari jumlah tersebut 3 diantaranya wartawan Siak dan dinyatakan berkompeten oleh tim penguji.

Acara yang diselenggarakan 21-22 Maret itu digelar di salah satu hotel di Pekanbaru, tampak hadir dari perusahaan SKK Migas yang merupakan sponsor utama, ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, kepala Dinas ESDM Riau Indra Agus, dan 6 orang tim penguji yang disayang dari PWI pusat.

Ketiga orang wartawan yang dinyatakan berkompeten tersebut adalah Diana Dari dari Metro Riau, Agus Suhaili dari media Riaubook.com dan Faisal Anwar dari Harian Vokal.

“Dari 34 orang yang ikut UKW, 26 diantaranya dinyatakan berkompeten dan 8 orang lagi dinyatakan belum berkompeten,” kata ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, usai acara, Jumat (22/3/19).

Wartawan yang dinyatakan berkompeten ia berharap, bisa menjalankan tugas jurnalistiknya dengan sebaik mungkin.

“Dengan sudah dinyatakan berkompeten ini, kawan-kawan sudah menjadi wartawan yang profesional, pesan saya harus menjaga nama baik wartawan khusunya PWI,” kata Zulmansyah.

Beliau mengatakan, dengan dinyatakan berkompeten 26 Wartawan itu, maka dari seribu lebih wartawan yang tergabung di PWI Riau, 600 lebih wartawan sudah dinyatakan berkompeten.

“Kita akan upayakan, wartawan tergabung di PWI Riau harus UKW semua ,” tutupnya.

Ditempat terpisah Plt Ketua PWI Kabupaten Siak M.Soleman Sihotang memberikan apresiasi terhadap PWI Provinsi yang telah menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan yang bekerja sama dengan SKK migas.

“Kami sebagai pengurus Kabupaten memberikan apresiasi kepada PWI Provinsi dibawah pimpinan Kanda Zulmansyah Sekedang yang menggelar UKW gratis,” ujar Soleman minggu (24/3/2019).

Perwakilan anggota PWI Kabupaten Siak yang di utus ikut UKW semuanya lulus dan dinyatakan kompeten oleh penguji yang berasal dari Dewan PERS.

“Untuk anggota PWI Kabupaten Siak berjumlah 23 orang, yang sudah mengantongi kartu UKW sebanyak 18 orang dan ada sekitar 5 orang lagi belum,” kata Soleman.

Mudah-mudahan lanjut Soleman akhir masa jabatan periode kepengurusan 2017-2020 semua anggota PWI Kabupaten Siak diharapkan sudah 100 persen memiliki kartu UKW.

“Kita juga berharap sebelum masa jabatan kepengurusan berakhir semua anggota PWI mengantongi kartu UKW,” katanya.

Kedepan lanjut Soleman Sihotang kepada pihak pemerintah maupun terkait bisa memberikan dukungan untuk penyelenggaraan UKW di Kabupaten Siak.

“Kita juga punya rencana menyelenggarakan UKW diKabupaten Siak tentunya diperlukan dukungan dari semua pihak baik itu Pemerintah maupun stage holder lainnya,” sebut Soleman.

UKW merupakan salah satu upaya yang saat ini di galakan oleh Dewan PERS dalam meningkatkan keprofesionalan wartawan dalam menjalan tugas dan fungsinya.

“Dewan PERS merupakan induk wartawan jadi kebijakan yang di lakukan dalam meningkatkan keprofesionalan wartawan harus di dukung,” tandas Soleman. (Rls)

Komentar

Jangan Lewatkan