Peserta Didik SMP Kartika X-1 mendapatkan pengetahuan Pendidikan Seksualitas

Lintas Jabodetabek1,250 kali dibaca

Jakarta, LINTAS10.COM – Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0501/ Jakarta Pusat bekerjasama dengan Lembaga Konsultan Psikologi Universitas Indonesia (UI) Ruang Tumbuh menyelenggarakan Workshop Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi yang diselenggarakan di SMP Kartika X-1 Jalan Urip Sumoharjo, No.12, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).

Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Kodim 0501/ Jakarta Pusat, Vika Wahyu Yudhayana yang juga selaku isteri Dandim 0501/JP BS, Kol Inf Wahyu Yudhayana bersama pengurus yayasan dan Kepala Sekolah SMP Kartika X-1 dan staf menggandeng Tim Psikologi UI Ruang Tumbuh untuk memberikan pembekalan pengetahuan yang benar terhadap seksualitas dan kesehatan reproduksi kepada seluruh peserta didik SMP Kartika X-1.

Kepada media, Ketua Yayasan, Vika Wahyu Yudhayana menyampaikan, pentingnya sejak dini diberikan pengetahuan tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi peserta didik, dengan harapan pengetahuan ini dapat secara maksimal diserap oleh peserta didik.

“Kami sadar akan pentingnya pengetahuan yang benar tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi anak didik kami, karena itu, sebagai aksi nyata kami selenggarakan workshop, dengan harapan pengetahuan ini dapat secara maksimal diserap oleh peserta didik,” kata Ketua Yayasan.

Adapun materi yang sampaikan oleh nara sumber dari Tim Psikolog UI yakni dengan pemutaran video, konseling, sharing, permainan individu dan kelompok, serta diskusi kelompok.

Para Fasilitator membagi dalam perkelompok sesuai gender siswa dan siswi dengan dua arah, serta seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan setiap sesi.

Materi yang diberikan juga pengenalan pubertas dan perubahan-perubahannya dari segi fisik dan psikologis, organ reproduksi remaja, mimpi basah dan menstruasi, menjaga kebersihan diri/ kesehatan reproduksi, mengenal masalah yang muncul pada fase remaja, batasan personal yaitu mengenal 3 sentuhan dan pelecehan seksual serta resiko kehamilan dini dan penyakit kelamin atau sexually transmitted diseases (STD).

Baca Juga:  Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer

Komentar