Dibuka Langsung Bupati, Pacu Jalur Inuman Menjadi Momentum Bagi Warga Kecamatan Inuman

Kuansing277 kali dibaca

 

Lintas10.com. Kuansing – Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, di Kecamatan Inuman, yang berlangsung dari tanggal 23-25 September 2023 dibuka secara resmi oleh Bupati Kuansing H. Suhardiman Amby, Jum’at (22/9/2023).

Dimeriahkan dengan Pawai Budaya, yang tentu saja mampu menyedot perhatian dari warga saat dibuka Event Kebudayaan pacu jalur di Kecamatan Inuman.

H. Suhardiman didampingi Ketua TP-PKK Kuansing Hj. Yulia Herma Suhardiman, Waka II DPRD Juprizal, Bacaleg DPRD Provinsi Riau Zulhendri, Ketua Koni Andi Cahyadi (Aheng), Kepala OPD, Penasehat Ahli Bupati Aherson, Forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat, ninik mamak serta ratusan masyarakat

Bupati Kuantan Singingi H. Suhardiman Amby mengatakan Pacu Jalur Inuman menjadi momentum penting bagi warga Kecamatan Inuman, untuk memelihara dan mempromosikan kekayaan budaya serta tradisi lokal, serta bagaimana mampu melestarikan warisan leluhur.

“Acara ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga simbol kebersamaan dan kecintaan kita terhadap tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita. Melalui Pacu Jalur Inuman, kita bisa memperkenalkan keunikan budaya kita kepada masyarakat luas,” ungkap Putra Daerah Inuman.

Dikatakannya, pada acara pembukaan pacu jalur di Kecamatan Inuman, ditandai dengan pawai budaya yang melibatkan warga dari seluruh desa, sekolah dan komunitas di Kecamatan Inuman.

Terlihat sekali, saat tampilan dari peserta pawai budaya ini, mampu memukau penonton dengan kostum-kostum tradisional, yang memperkaya warna dan semangat perayaan,” ujarnya.

“Pacu Jalur Inuman tidak hanya menarik perhatian warga lokal, namun juga menjadi magnet bagi wisatawan dari luar daerah, yang ingin menyaksikan keindahan dan keunikan tradisi ini,” paparnya.

Baca Juga:  Gelar Patroli Dialogis, Polres-TNI Intensifkan Patroli di Obyek Wisata dan Pemukiman

Komentar