Bawaslu Kuansing Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ditandai Penandatanganan Deklarasi

Kuansing238 kali dibaca

 

Lintas10.com. Kuansing – Menghadapi Pemilu serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024. Diawali dengan gerak jalan santai, bertempat di lapangan Limuno Teluk Kuantan, Minggu (5/11/2023).

Deklarasi Pemilu Damai 2024, dihadiri Bupati diwakili Sekda Dedy Sambudi, Ketua DPRD Dr. Adam, Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito, Kejari, Kepala Pengadilan Negeri, Dandim 03/02 Inhu, Ketua Bawaslu Riau Anovrizal, Ketua KPU Irwan Yuhendi, Ketua Bawaslu Mardius Adi Saputra dan pimpinan Parpol di Kuansing.

Mereka ikut menandatangani Deklarasi Pemilu Damai bersama13 Parpol yang lolos Pemilu 2024 di Kuansing, yang terdiri dari Partai PDI-P, Gerindra, PKB, Golkar, Nasdem, Gelora, PKS, Hanura, PAN, Demokrat, Perindo, PPP dan Ummat.

Ikrar Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas, terdapat dua points yaitu :
1. Mewujudkan Pemilu yang langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.
2. Berkomitmen mendukung Pemilu yang Aman, Tertib, Damai, Berintegritas, Tanpa Hoax, Ujaran Kebencian, Politisasi SARA dan Politik uang.

Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra mengatakan dengan adanya Daftar Calon Tetap (DCT) Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024, berarti sudah ada peserta Pemilu di Kabupaten /Kota.

” Pemilu 2024 merupakan Pileg dan Pilpres, akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024, bertepatan dengan hari Valentine,” ujarnya.

Sementara untuk Pemilu dan Pilkada, akan dilaksanakan November 2024 dan kalau dimajukan berarti pada tanggal 25 September 2024.

” Deklarasi Pemilu Damai digelar hari ini (5/11/2023), diharapkan dapat mencegah/ meminimalisir, dan benar-benar dapat menciptakan Pemilu Damai di Kuansing,” katanya.

Sementara Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi menyebutkan penyelenggara Pemilu itu adalah KPU dan Bawaslu, dan telah menyatakan siap untuk melaksanakan Pemilu 2024.

Baca Juga:  MTQ Pemuda Pancasila, Mendapat Apreasiasi Plt. Bupati Kuansing

Komentar