Home / Top Ten / Bangun Budaya Maritim dengan Ekspedisi Nusantara Jaya

Bangun Budaya Maritim dengan Ekspedisi Nusantara Jaya

Maritim-Jakarta,lintas10.com- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Kedeputian Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2015-2018. Dalam Rakornas tersebut akhirnya diketahui bahwa sejatinya masih banyak pihak yang menginginkan agar program yang ditujukan salah satunya untuk membangun jiwa kemaritiman generasi muda ini, agar terus berlanjut di kemudian hari.

“Ini adalah pertemuan pertama bagi seluruh pihak yang terlibat, kita ingin mendapatkan gambaran langsung dari semuanya, mengenai bagaimana pendapatnya tentang adanya kegiatan ENJ ini. Melalui kegiatan ini kita ingin agar masyarakat kembali untuk mecintai laut, kita ajak para generasi muda untuk mengunjungi pulau-pulau terluar dan terdepan di nusantara, dengan harapan agar mereka dapat melihat langsung dan dapat membantu masyarakat disana dengan ilmu yang mereka miliki, dengan sinergitas seluruh stake holder dan dengan dukungan dari seluruh pihak program ini harus bisa berkesinambungan” ujar Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Safri Burhanudin saat membuka Rakornas ENJ 2015-2018, di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Nantinya, lanjut Deputi Safri, pihaknya akan mencari bentuk dan menyempurnakan konsep yang lebih baik untuk program ENJ di masa depan.

“Kami akan membahas bersama dengan jajaran TNI AL, berbicara dengan kementerian lain dan juga BUMN lain untuk mencari bentuk yang lebih baik, oleh karena program ini sangat layak untuk terus dilanjutkan,” imbuh Deputi Safri.

Seperti kesaksian dari Masmin, seorang Kepala Desa di wilayah Lingga, Kepualauan Riau, yang wilayahnya mendapat kunjungan dari ENJ Perintis yang terdiri dari pemuda-pemudi yang lolos seleksi. Dirinya mengatakan bahwa, masyarakat di daerahnya sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan ini.

“Selain membantu di berbagai bidang sosial masyarakat, para pemuda yang saat itu ikut sangat dekat dengan masyarakat dan ikut membantu untuk membangun sarana pariwisata di desa kami, mereka juga membantu di bidang kesehatan, intinya dengan adanya kegiatan ini sangat membantu dan sifat gotong royong seluruh anak bangsa sangat jelas terlihat,” katanya

“Kunjungan dari mahasiswa itu ke wilayah kita merupakan suatu berkah yang luar biasa bagi wilayah klta, dari sisi pendidikan dan kesehatan kita sangat-sangat terbantu. Ini merupakan suatu program dari pemerintah pusat yang sangat bagus dan perlu kita pertahankan keberlanjutannya,” tambah Muhammad, Kades dari wilayah Tual, Maluku Utara yang daerahnya kedatangan para mahasiswa peserta ENJ dari Universitas Negeri Jakarta.

Sementara itu, Daniel, seorang siswa beprestasi yang terpilih untuk mewakili Merauke, Papua. Menyatakan dirinya sangat menginginkan agar program ENJ ini terus berlanjut, oleh sebab ia merasa banyak merasakan pengalaman dan perubahan positif yang didapatkan pasca mengikuti kegiatan ENJ KRI Dewaruci 2017.

“Saya 28 hari bersama-sama dengan para sahabat saya se-Indonesia, disana kami mengerti arti nilai toleransi, kebersamaan, jiwa patriot dan menumbuhkan jiwa kemaritiman kami. Oleh karena itu marilah para pemangku jabatan dan semuanya agar bahu membahu agar program ini terus ada, di darat kita sudah banyak yang mendapat perhatian, sementara lautan kita menunggu untuk mendapat perhatian lebih dari kita para generasi muda. Jalasveva Jayamahe, justru di laut kita Berjaya,” uajrnya tegas.

Diketahui, program ENJ ini adalah inisiasi dari Kemenko Bidang Kemaritiman untuk mendukung penuh cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia dan juga sebagai tindakan nyata revolusi mental yang dicetuskan oleh pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo. Program ENJ telah berlangsung sejak tahun 2015 hingga saat ini, dan dari tahun ke tahun animo berbagai pihak yang ingin mengikuti terus bertambah dan sangat antusias.

Rakornas ini dihadiri oleh seluruh pihak yang pernah terlibat dalam kegiatan ENJ sejak tahun 2015-2018, diantaranya perwakilan pihak TNI AL, perwakilan k/l serta BUMN, pihak EO, insan media dan tentunya perwakilan dari seluruh alumnus ENJ 2015-2018 dari Pemuda, Mahasiswa dan KRI Dewaruci.***

*Biro Informasi dan Hukum*
*Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman*


Baca Juga

Mayjend TNI Heri Wiranto Akan Kunjungan Kerja Ke Desa Blimbing

KEDIRI, lintas10.com- Rencana kunjungan kerja Aspers Kasad, ternyata didengar oleh Karang Taruna Desa Blimbing yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.