oleh

Dandim 0501/JP BS: Wasbang wajib diinternalisasikan kepada pemuda

Last Updated: 20 Agu 2019

Jakarta Pusat, LINTAS10.COM – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0501/ Jakarta Pusat BS, Letkol Inf Wahyu Yudhayana menjadi pemberi materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Kepemimpinan Pemuda dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Yarsi Tahun Ajaran 2019-2020.

Acara berlangsung di Aula Arrahman Lantai 12 Kampus Yarsi Jalan Letjend Suprapto No. 1, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Dihadapan 1.000 mahasiswa/mahasiswi, Dandim 0501/JP BS memaparkan materi tentang prinsip dasar Wasbang dan berbagai metode dalam mewujudkan seorang pemimpin di kalangan pemuda.

Secara gamblang,
Letkol Inf Wahyu Yudhayana
berbicara tentang arah Wasbang adalah untuk menjadikan generasi muda peka terhadap disintegrasi dan usaha menjamin kepentingan nasional di ranah global, ini semua dihadapkan dengan kondisi bangsa saat ini yang mengalami berbagai krisis multi dimensi.

Para pemuda sebagai generasi penerus bangsa merupakan target dan aktor dalam menjalankan pembangunan, untuk itu Wasbang wajib diinternalisasikan ke pemuda.

“Pemuda adalah motor dari Wasbang itu sendiri, jadi pemahaman ini harus kalian sadari agar tujuan Wasbang kepada generasi muda tercapai,” urai Dandim 0501/JP BS.

Disintegrasi bangsa mengancam karena sifat egoisentris yang tidak searusnya berkembang di masyarakat.

“Ingat Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku, pluralisme adalah nafas kehidupan yang telah mendarah daging, jangan karena ego sektoral nafas kita terkoyak,” jelas Letkol Inf Wahyu Yudhayana.

“Merekatkan perbedaan, menolak perpecahan, kita semua satu. Inilah slogan yang ingin saya tanamkan pada kesempatan ini,” tegasnya.

Diakhir sesi paparan, Dandim mengajak para mahasiswa dan mahasiswi untuk selalu berpikir positif, melakukan hal yang positif dan produktif, berpikir kritis namun tidak mudah terprovokasi.
“Mahasiswa adalah insan yang berpendidikan dan berintegritas jangan mudah terhasut dengan berita hoax dan perpecahan,” kata Dandim.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kemahasiswaan Universitas Yarsi, Irfan Islami, Lc, MH, drg Audiwati dan dr. Miranti sebagai Dosen Universitas Yarsi, Ketua Panitia dan Pengurus BEM Universitas Yarsi, Danramil 06/ Cempaka Putih, dan Pasiter Kodim 0501/JP BS.

Kegiatan ini juga merupakan program Dandim Goes To Campus.

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti materi, terlihat beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan dan kemudian dijawab dengan jelas oleh Dandim.

Sumber: Pendim 0501/JP BS

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan