oleh

Wujud Upaya Khusus Pendampingan, Peltu Subandi Dampingi Petani Olah Lahan Sawah

Last Updated: 07 Nov 2018

Tulungagung, Lintas10.com – Babinsa selalu membantu dan mendampingi petani dalam kegiatan pertanian di desa binaan. Hal tersebut secara intensif terus dilakukan untuk mensejahterakan para petani dan mendukung suksesnya program pemerintah tentang swasembada pangan nasional.

Babinsa Desa Sukorejo Kulon Peltu Subandi anggota Koramil 0807/08 Kalidawir Kodim Tulungagung dampingi petani mengolah lahan sawah dan membuat pematang sawah di persawahan milik pak Kasmani Anggota Poktan Sido Rukun Desa Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Rabu (07/11/2018).

Pengolahan lahan dilakukan dengan membalik tanah dari lapisan bawah ke permukaan tanah dengan tujuan agar terjadi proses pertukaran aliran udara dan air dapat meresap masuk dan sinar matahari langsung masuk ke dalam tanah.

Peltu Subandi juga memindahkan tanah sawah yang ada ke pinggir sawah untuk dijadikan pematang sawah. Pematang sawah atau galengan sawah berfungsi sebagai pembatas petak sawah dan sekaligus sebagai jalan alternatif bagi petani untuk mengurus sawah mereka.

Menurut Peltu Subandi, kegiatan pagi ini merupakan salah satu wujud kegiatan upaya khusus pendampingan kepada petani untuk mendukung program swasembada nasional khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung.

“Kegiatan ini salah satu wujud upaya khusus pendampingan kepada petani yang saya lakukan mas sebagai dukungan program swasembada nasional.” tutup Peltu Subandi.

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan