Manager Operasional RSU Metta Medika Sebut Limbahnya Dipastikan Tak Cemari Lingkungan

Lintas Tabagsel175 kali dibaca

Padangsidimpuan, lintas10.com – Limbah rumah sakit adalah semua limbah yang dihasilkan dari kegiatan Rumah Sakit dalam bentuk padat, cair, pasta (gel) maupun gas yang dapat mengandung mikroorganisme pathogen bersifat infeksius, bahan kimia beracun, dan sebagian bersifat radioaktif.

Dalam hal ini Direktur RSU Metta Medika melalui Manager Operasional, Ali Hasan Harahap kepada lintas10.com mengatakan, pengelolaan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) dan limbah B3 (Bahan Berbaya dan Beracun) pada Rumah Sakit Umum Metta Medika dipastikan tidak mencemari lingkungan sekitar serta sudah melalui prosedur dan teruji.

baner

“Untuk IPAL yang itu setiap harinya itu mesinnya beroperasi dan itu ada pengujiannya oleh Dinas Lingkungan Hidup (Kota Padangsdimpuan). Wajib mereka menguji setiap 6 bulan sekali kami wajib melapor. Mereka (Dinas lingkungan Hidup Padangsidimpuan) ambil sempel nanti mereka uji di lab, Sehingga limbah yang keluar itu tidak mencemari lingkungan masyarakat,” Tutur Ali di ruang kerjanya, Jum’at (04/11/2022)

Sementara itu untuk limbah B3 dikatakan Ali, untuk pengelolaan limbah B3 RSU Metta Medika masih dalam izin pembuangan tempat penampungan  sementara dan pihaknya bekerjasama dengan PT. Dame Alam Sejahtera untuk pembuangan akhir daripada limbah B3 tersebut.

“Untuk pengolahan limbah B3 kita kategorinya izin menampung sementara, kemudian selanjutnya diteruskan ke pihak  rekanan PT. Dame Alam Sejahtera yang akan menanganinya karena kita belum memiliki mesin insenator makanya kita kerjasama dengan pihak ketiga,” jelasnya

Ali, juga mengungkap limbah yang hasilkan RSU Metta Medika Padangsidimpuan setiap bulannya berkisar diangka 800 Kg.

“Kalau biasanya minggu ke dua atau minggu ketiga setiap bulannya sampah B3 kita diangkut. Kita biasanya kan kordinasi seperti yang saya katakan kalau misalnya kondisi sampai sampah kita sudah mencapai di angka 800 Kg, kita akan kontek mereka untuk segera diangkut dan untuk jam pengangkutan sampah dari Tempat Penampungan Sementara ke mobil pengangkut oleh PT. Dame Alam Sejahtera berkisar pada pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB dengan diupayakan pada hari sabtu ,” Terang Ali menjelaskan jadwal pengangkutan sampah B3 RSU Metta Medika

Baca Juga:  Mahasiswa Gelar Unjuk Rasa ke Kantor DPRD Kota Padangsidimpuan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.