Home / Provinsi Kalimantan Tengah / Drainase Dalam Kota Kuala Pembuang Tak Terawat Dan Terkesan Dibiarkan

Drainase Dalam Kota Kuala Pembuang Tak Terawat Dan Terkesan Dibiarkan

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Banyak drainase di dalam Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, telantar. padahal Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan hampir pada disetiap tahunnya dengan sudah mengalokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Seruyan dana pemeliharaannya. Namun penelantaran drainase tersebut memicu terjadinya banjir sewaktu-waktu saat turun hujan.

”Selama ini dimanakah dana perawatan drainase yang ada dari Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan tersebut, sehingga tidak mampu mengatasi persoalan yang ada ini,” ujar salah seorang warga Kabupaten Seruyan, Ahmad, kwpada Lintas10.com, Senin (24/9) di Kuala Pembuang.

Ahmad menuturkan, banyak drainase yang ada di dalam Kota Kuala Pembuang yang tidak berfungsi. Drainase itu umumnya terkesan hanya dibiarkan begitu saja oleh pemerintah daerah. Adapub sejumlah ruas jalan yang drainasenya mengalami gangguan, yakni salah satu di antaranya adalah pada Jalan MT. Haryono, Kuaka Pembuang. Kondisi drainase ini sebagian ada yang sudah rusak rata dengan tanah tepi bahu jalan, ditumbuhi rumput liar, dan dipenuhi oleh sampah.

Sering terjadi, apabila hujan lebat yang mengguyur Kota Kuala Pembuang, maka dengan tidak begitu lama dapat membanjiri ruas pada jalan MT. Haryono tersebut, dan berdampak banjirlah yang ditimbulkan. Pemeliharaan drainase di Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan ini seharusnya dilakukan dengan secara terus-menerus, dan jangan sampai dibiarkan saja.

”Jika tidak, banjir di ruas jalan didalam Ibu Kota Kuala Pembuang, akan semakin bertambah, dan meluas,” ujarnya.

Entah berapa besarkah dana perawatan (Pemeiharaan) drainase yang ada di Kabupaten Seruyan setiap tahunnya. Sehingga sampai dengan tidak bisa merawat dan memperbaiki drainase yang ada di dalam Jalan Kota Kuala Pembuang tersebut, selama puluhan tahun ini sudah, drainase lama itu sudah tidak lagi berfungsi. Sejumlah drainase tersebut, yakni salah satunya di kawasan Jalan MT. Haryono Kuala Pembuang. Kawasan yang ada didalam Ibu Kota Kabupaten Seruyan, Ko… malah terjadi banjir apabila disaat hujan lebat yang sedang mengguyur.

Apakah minimnya anggaran, sehingga menyebabkan buruknya drainase yang ada di dalam Kota Kuala Pembuang, sampai dibiarkan rusaknya yang terjadi dengan selama ini.

”Kalau hujan sedikit, kota sudah banjir. Sehingga sampai dengan air masuk ke ruang didalam rumah warga. Tolong, ini akan menjadi persoalan serius kalau dibiarkan,” tutur Ahmad. (Fathul Ridhoni)


Baca Juga

Surat-Surat Aneh Penolakan Bermunculan Pasca Demo Masyarakat Adat Laman Kinipan

Kotawaringin Barat, Lintas10.com-Tangan-tangan jahil sepertinya sudah semakin agresif bergentayangan untuk membuat keruh suasana pasca demo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.