Home / Provinsi Kalimantan Tengah / Diduga di Seruyan Masih Banyak Bangunan Tower BTS Tidak Miliki IMB

Diduga di Seruyan Masih Banyak Bangunan Tower BTS Tidak Miliki IMB

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Diduga di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, masih banyak Bangunan Tower Base Transceiver Station (BTS) yang sudah berdiri dan telah oprasional, yang dimana dengan tidak memliki dari pada izinnya, saksh satunya pada mendirikan bangunannya (IMB).

Hal tersebut dimana terlihat dari data yang ada dihimpun Lintas10.com pada Dinas Penanaman dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, di Kuala Pembuang, Jumat(13/7/2018), hingga sekarang, dimana untuk Perusahaan telekomunikasi Tower BTS yang telah memiliki dari pada IMB tersebut, adalah sejak dulu dan hingga sekarang ini pada hanya sejumlah 28 bangunan tower BTS saja,l yang memilikinya.

Sedangkan berdasarkan dari Pantauan Lintas10.com dilapangan selama ini, sungguh sangat pada jauh berbeda sekali jumlahnya, dimana dengan untuk jumlahnya melebihi dari data tersebut yang ada. Jadi apakah pemerintah daerah kabupaten seruyan dan instansi terkaitnya, mulai dari instansi tentang perijinannya, pajak dan retribusinya, atau maupun penindakannya, yang pada memang dengan kecolongan?……atau ada apa ?!”….

Bangunan Tower BTS terselubung seperti ini, diduga adalah model baru pemilik tower untuk menghindari pantauan dari petugas, maupun publik. Dimana dengan cara mendirikan di atas bangunan bertingkat, dan di area lahan tersembunyi yang jarang pada dilalui orang.
Memang Bangunan Tower BTS jenis ini memang sulit dipantau dengan pandangan mata saja. Jadi seharusnyalah pemerintah daerah kabupaten seruyan mengambil tindakan tegas terhadap Bangunan Tower BTS terselubung tersebut, selain karena melanggar aturan, juga agar kejadiannya itu tidak sampai terulang lagi, seperti halnya pada sangsi penyegelan, maupun tindakan membongkarnya, yang sesuai dengan aturannya.

Ketika di konfirmasi Lintas10.com langsung, Jumat(13/7/2018), dengan Plt. Kepala Dinas Penanaman dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, Agung Setiyawan, di kantornya, di Kuala Pembuang, dimana dengan mengatakan, untuk kusus ijin yang baru ditangani oleh instansinya pada Tower BTS tersebut, masih dengan hanya pada Perijinan IMB nya saja. Sedang untuk perijinan lain lainnya masih ditangan Dinas terkaitnya, yakni seperti halnya pada, Diskominfo, DLH, Dishub, Dinas Satpol PP, dan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan lainnya.

Sedangkan, tambah Agung, untuk pihak perusahaan telekomunikasi pemilik dari Bangunan Tower BTS, yang sudah pada memiliki ijin mendirikan bangunannya (IMB) sampai dengan sekarang ini, adalah sejumlah 28 perusahaan, dengan titik pada se kabupaten seruyan.

“Jadi, untuk tindakan langkah awal yang kami lakukannya dalam mengenai hal tersebut, dimana kami pertama pada menyurati kepada seluruh perusahaan telekomunikasi yang ada bangunannya diwilayah kabupaten seruyan ini, dengan intinya adalah pada menanyakan tentang, baik dari legalitas IMB nya, maupun Pajak dan Retribusinya, juga lain lainnya,” tegas Agung.

Sedangkan diketahui, jelas sebaimana dengan diatur dalam Undang undang Nomor: 36 tahun 1999, tentang pembangunan menara tower telekomunikasi, Undang undang Nomor: 28 tahun 2009, tentang pajak daerah dan retribusi daerah( dimana menara telekomunikasi adalah jenis retribusi pada jasa umum), Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 02/Per/M.Kominfo/03/2008 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Menara Bersama Telekomunikasi (“PermenKominfo 02/2008”) dan Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor: 18 Tahun 2009; Nomor: 07/Prt/M/2009; Nomor: 19/Per/M.Kominfo/03/2009; Nomor: 3/P/2009 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Bersama Menara Telekomunikasi (“Peraturan Bersama Menteri”), dan peraturan daerahnya.
(Fathul Ridhoni)


Baca Juga

Warga Seruyan Minta Secara Bersama Sama Ikut Awasi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) –  Salah seorang masyarat Kabupaten Seruyan, yang berada di Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.