oleh

Dandim 0503/JB Pimpin Upacara Pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu Sakawira Kartika

Last Updated: 09 Nov 2019

Jakarta Barat, LINTAS10.COM – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0503/JB, Kolonel Kav. Valian Wicaksono Magdi, S, Sos bertindak sebagai Pembina Upacara dan sekaligus pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu Pramuka Sakawira Kartika yang dilaksanakan di halaman Makodim 0503/JB, Jalan S. Parman, Tomang, Jakarta Barat, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Pramuka Sakawira Kartika ini dilaksanakan dalam rangka Binter Terpadu Kodim 0503/Jakarta Barat.

Usai upacara pembukaan, Dandim mengadakan tanya jawab dengan peserta Pramuka Sakawira Kartika sekaligus memberikan penjelasan
tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Bela Negara, nilai Rasa Cinta Tanah Air, serta Nilai Kedisiplinan yang berarti Sakawira Kartika Jaya.

“Sakawira Kartika memiliki nilai yang lebih baik dari pada Pramuka yang lainnya dan adik-adik harus lebih bisa dan harus lebih baik dari Pramuka lainnya,” jelas Dandim.

Lanjut Dandim, Sakawira Kartika dibentuk berdasarkan surat keputusan bersama antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dengan Gerakan Pramuka Nasional pada tahun 2007 yang telah diatur dalam peraturan Kasad serta memiliki ciri khusus yang membedakan dengan yang lain yaitu memiliki
5 Krida yakni, Krida Mountaineering, Krida Survival, Krida Pionir, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang hanya bisa ditemui di lingkungan Sakawira Kartika.

Tak lupa juga Dandim menyampaikan, dan berharap agar para peserta yang sebanyak 70 orang ini, lengkap dalam kondisi sehat semua dan nantinya selesai kegiatan juga lengkap 70 orang dengan kondisi yang sama.

“Perbedaannya adalah pemahaman penguasaan pengetahuan maupun keterampilan tentang Sakawira Kartika dapat diselenggarakan dengan bersemangat Kartika Kodim 0503 Jakarta Barat dan sehat,” kata Dandim.

Ditempat yang sama, salah satu Pembina yakni Dewi menyampaikan, bahwa pelaksanaan perkemahan ini akan dilaksanakan selama 2 hari 1 malam terhitung hari ini sampai dengan besok pagi.

“Kita akan mencoba merefresh ingatan peserta Pramuka dalam rangka persiapan untuk mengikuti kegiatan di Cibubur yang rencananya tanggal 22 November 2019 akan dilaksanakan,” kata Dewi.

Sumber: Pendim Jakbar

Editor: Benz

Komentar

Jangan Lewatkan