oleh

Polres Seruyan Lakukan Sosialisasi Karhutla

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan personel Polres Seruyan melakukan sosialisasi kepada masyarakat ibu kota kabupaten seruyan, kalimantan tengah, di kuala pembuang, rabu (3/2/2021).

Dimana pada kebiasaan warga masyarakat yakni dimusim kemarau, karena rumput cepat kering dan untuk membersihkannya, dimana dengan cara membakar. Oleh sebab itu personel Polres Seruyan, selain kususnya ada instruksi dari Polda kalteng, dimana personel polres seruyan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) kepada masyarakat kususnya yang berada di kuala pembuang ibu kota kabupaten seruyan dengan cara pada waktu pagi di pertigaan atau perempatan jalan dengan memberitahukan kepada warga pengguna jalan yang sedang melintas akan bahayanya pada kebakaran hutan dan lahan termasuk pada sangsi pidananya.

Dalam kegiatan tersebut personel memberikan himbauan kepada warga diantaranya, yakni selain pada dengan adab ya edaran dari polda kalteng, yakni tidak melakukan pembakaran hutan, serta jangan membuka lahan perkebunan dengan cara membakar, Dimana apabila dengan sengaja melakukan pembakaran hutan/lahan, akan di pidana dengan UU No: 32 Tahun 2009, Tentang Lingkungan Hidup.

Lebih lanjut juga dimana personel yang sedang bertugas tersebut pada mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut.

“Jika melihat ada hutan atau lahan yang terbakar agar segera melaporkannya pada Bhabinkamtibmas atau ke kantor Kepolisian terdekat. Atau dengan minimal pada aparatur lainnya,” ujar Haris dan rahmat, Personel polres seruyan yang saat sedang bertugas tersebut kepada para warga pengendara bermotor disaat yang sedang melintasi jalan yakni kususnya di pertigaan jvalan mt.haryono dan p.diponegoro kuala pembuang, Rabu pagi (3/3/2021).

Dimana mereka mengatakan banyak sekali dari dampak kebakaran hutan dan lahan itu. Hanpir seluruh sektor pada berdampaknya. Dan salah satu contohnya yang terjadi pada ditahun yang lalu, dimana karhutla terjadi dikawasan perkebunan sawit diwilayah kecamatan seruyan hilir kabupaten seruyan dengan dimana dampak dan akibatnya hutan dan lahan terbakar juga beberapa perusahaan tersebut mendapatkan dari sangsi tegasnya.

Baca Juga:  39.002 Gerakan Pergeseran Penumpang Lebaran Datang Dan Berangkat Dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun

Adapun diketahuinya dimana para perusahaan sawit yang telah melakukan perbuatannya tersebut yakni perusahaan sawit yang beroperasion al diwilayah dekat ibu kota yaknui seperti oleh PT. Gawi Bahandep dan pbs lainnya. Namun tidak diketahui pasti sangsi tegas berupa pidana dan seberat apa sangsui hukum yang mereka terima . Karena tidak diketahui jelas apa, siapa dan gimana yang bertanggungjawabnya?… dan mudahan siapapun yang melakukannya yang benar benar diberikan sangsi hukum tegasnya. (M. Fathul ridhoni, S.sip)



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan