oleh

Mungkinkah Hari Jadi Kota dan Kabupaten Cirebon Disamakan?

Cirebon, lintas10.com – Sama-sama Cirebon. Bedanya cuma secara administratif, yang satu kotamadya dan satunya lagi kabupaten. Tapi hari ulang tahunnya diperingati pada waktu yang berbeda.

Agak aneh, memang. Hari jadi Kota Cirebon ditentukan berdasarkan perhitungan kalender Hijriah pada 1 Muharam, dan Kabupaten Cirebon pada tanggal 2 April pada penanggalan Masehi.

Kota dan Kabupaten Cirebon juga memiliki usia yang berbeda. Pada tahun 2021 ini Kota Cirebon berusia 652. Sedangkan Kabupaten Cirebon usianya 538. Padahal keduanya memiliki latar belakang kesejarahan yang sama, bahkan sebelumnya merupakan satu wilayah yang sama.

Karena itu pula sering muncul pertanyaan: mungkinkah HUT Kota dan Kabupaten Cirebon diperingati pada hari yang sama atau berbarengan?

Pembahasan terkait pertanyaan tersebut memang kerap mengemuka, baik di momen HUT Kota Cirebon maupun HUT Kabupaten Cirebon. Namun hingga kini, belum ada pembahasan serius yang mengerucut.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kabupaten Cirebon, Hilmi Rivai mengatakan, peringatan Hari Jadi Kota dan Kabupaten Cirebon sangat memungkinkan dilakukan pada hari yang sana. Tetapi perlu adanya kajian terlebih dahulu untuk penentuan momentumnya.

“Sangat memungkinkan. Ini perlu para tokoh sejarah, budaya, duduk bersama membahas ini,” kata Hilmi, pada acara Talk Show Warkop Waw, Graha Pena Radar Cirebon.

Setelah itu, lanjut Hilmi, pemerintahan baik legislatif dan eksekutif dari Kota dan Kabupaten Cirebon juga perlu melakukan pembahasan terkait Hari Jadi tersebut. Sebab, momentum peringatan Hari Jadi Cirebon juga dapat menjadi potensi pariwisata yang luar biasa.

“Cirebon itu kan Caruban. Berbeda budaya yang disatukan. Khas. Tidak dimiliki orang lain. Bisa saja ini disatukan menjadi ulang tahunnya Cirebon,” tuturnya.

Hilmi mencontohkan, Banyuwangi sudah menjadi kota festival dunia. Dan Cirebon dengan modal kebudayaan yang dimiliki bisa melakukan hal serupa, bahkan melebihi. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan