Home / Provinsi Kalimantan Tengah / Warga Seruyan Minta Secara Bersama Sama Ikut Awasi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

Warga Seruyan Minta Secara Bersama Sama Ikut Awasi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) –  Salah seorang masyarat Kabupaten Seruyan, yang berada di Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir, Rakha, dimana meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, agar untuk bersama-sama membantu dalam mengawasi pelaksanaan proyek pemerintah yang ada dan sedang berjalan saat ini.

“Saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat secara aktif mengawasi proyek-proyek pembangunan dari pemerintah, karena sejatinya setiap proyek pemerintah yang ada adalah untuk mensejahterakan masyarakatnya, dimana bukan pada sebaliknya,”ujar Rakha, di Kuala Pembuang, Kepada Lintas10.com, Senin (24/9/2018).

Rakha mengatakan, masyarakat harus lebih proaktif mengawasi berbagai proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik di dalam kota maupun di daerah-daerah yang jauh dari pinggiran kota.

“Kita berharap kalangan masyarakat jangan takut melaporkannya ke instansi terkait, apabila menemukan adanya indikasi kecurangan hingga penyelewengan yang menyalahi aturan yang ada dalam pengerjaan proyek pemerintah tersebut,” ucapnya.

Rakha menambahkan, dari berbagai proyek pembangunan yang ada dan sedang berjalan, seperti infrastruktur jalan, jembatan, gedung, dan lainnya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten, Provinsi, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, Provinsi, maupun APBN sangat penting untuk diawasi secara bersama.

Hingga jangan sampai pada masih ada pengerjaan proyek yang pada seringnya, menjadi keluhannya oleh warga. Halnya dalam pelaksanaan pekerjaan proyek yang menggunakan uang rakyat, dimana dinilai sampai dengan menjadi salah dan tidak sesuai hasil yang sebagaimana pada mestinya. Karena selain kurang perencanaan dan pengawasannya.

Seperti pada proyek pekerjaan pembangunan jalan Kuala Pembuang, Bangkal, Telaga Pulang Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, dengan menelan anggaran Puluhan Milyar Rupiah, yang saat ini masih dalam tahap proses pelaksanaan pekerjaannya. Dimana proyek tersebut menjadi sorotan semua pihak, karena sesuatu yang sangat diharapkan oleh masyarakat, dimana merupakan salah satu akses penghubung antar kecamatan yang ada di Kabupaten Seruyan ini.

Adapun diketahui, dimana Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang, pada telah mengkucurkan anggaran Dana Alokasi Kusus (DAK) Tahun 2018, untuk pelaksanaan kegiatan proyek pekerjaan peningkatan jalan Bangkal – Telaga Pulang – Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Nomor Kontrak : 82.A/KTRK-BM/DPUPR/2018, tanggal 8 Juni 2018, Sebesar Rp. 47.357.582.000, yang waktu pelaksanaan selama 194 hari, dan waktu pemeliharaan selama 180 hari, dengan Kontraktor Pelaksana PT. Dwi Wahyu Perkasa, dan Konsultan Supervisi PT. Adiya Widya Jasa.

“Oleh sebab itu, peran serta masyarakat penting melakukan pengawasan guna membantu kinerja pemerintah dalam melanjutkan pembangunan yang adil dan merata,” jelasnya.

Rakha mengharapkan, agar dalam pelaksanaan pekerjaan proyek pemerintah tersebut, dimana dilakukan dengan tidak terkesan asal-asalan, sehingga nantinya warga bisa merasakan hasil dari kelanjutan pembangunan itu.

“Apabila dalam proses pengerjaan pembangunan berjalan maksimal dan sesuai dengan aturan yang ada maka hasilnya pun tentu akan dirasakan oleh warga Kabupaten Seruyan secara maksimal pula,” ungkapnya.

Dimana dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam memantau sekaligus mengawasi proyek pemerintah tersebut, maka diharapkan pula pemerintah dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturannya. (Fathul Ridhoni)


Baca Juga

Hati-Hati Wartawan Gadungan Yang Berkeliaran Di Kabupaten Seruyan

Lintas10.com (Seruyan/Kalteng) – Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan dan Pengusaha, maupun instansi lainnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.